Peliput: Duriani
WAKATOBI, BP – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Wakatobi mendukung penuh kegiatan yang akan dilaksanakan masyarakat pulau Tomia yakni Festival Pulau Tomia (FPT) 3 – 6 November 2016. Dukungan penuh Pemkab Wakatobi itu yakni dengan menyisipkan beberapa item kegiatan dengan tujuan member pelayanan gratis.
Kepala bagian (Kabag) Humas dan Protokoler secretariat daerah (Setda) Kabupaten Wakatobi, La Ode Ifi, mengungkapkan selain memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat berupa pembuatan dokumen kependudukan. Pemkab Wakatobi juga melaksanakan pengobatan gratis untuk masyarakat.
“Selain pembuatan dokumen kependudukan kepada masyarakat secara gratis, Pemkab Wakatobi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan melaksanakan pengobatan gratis untuk masyarakat. Dinkes Wakatobi akan menghadirkan dokter umum dan dokter special penyakit dalam selama pelaksanaan FPT,” ungkap La Ode Ifi.
Masyarakat yang ingin membutuhkan pelayanan lanjut La Ode Ifi, Dinkes Wakatobi akan membuka posko pelayanan gratis di dua tempat. “Posko pelayanannya untuk Kecamatan Tomia dipusatkan di UPTD Puskesmas Tomia mulai 4 November 2016. Untuk Kecamatan Tomia Timur dipusatkan di UPTD Puskesmas Usuku dan waktunya 5 November 2016. Dari pukul 08.00 – 13.00 Wita,” ujar La Ode Ifi.
La Ode Ifi, menghimbau kepada seluruh kepala desa dan lurah diseluruh wilayah pulau Tomia untuk memberikan informasi itu kepada masyarakatnya. “Jadi saya himbau kepada seluruh kades dan lurah se pulau Tomia untuk menginformasikan kepada masyarakat. Agar masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatan secara gratis bisa terbantu,” harap La Ode Ifi.
La Ode Ifi, menambahkan jika FPT tersebut merupakan kegiatan yang muncul atas inisiatif masyarakat. Sehingga Pemkab Wakatobi mensuport dengan memberikan pelayanan gratis. “FPT ini kan kegiatan masyarakat pulau Tomia terkait dengan tradisi dan budayanya sejak jaman dulu. Pemkab Wakatobi mendukung dengan melaksanakan beberapa pelayanan gratis,”.
“Selain pelayanan gratis itu, Pemkab Wakatobi selama pelaksanaan FPT akan melaksanakan beberapa kegiatan seperti jalan santai yang disponsori Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga. Serta penanaman pohon yang dimotori Dinas Pertanian,” tutup La Ode Ifi. (***)