Laporan: Ardi Toris

WAKATOBI, BP-Usai membuka penyelenggaraan Puncak Gugus Tugas Reformasi Agraria (GTRA) Summit 2022 di Wakatobi yang berlangsung dari tanggal 8 hingga 10 Juni 2022, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi berkesempatan mengunjungi Stand Pameran Pemerintah Kota Baubau yang bertempat Marina Togo Mowondo, Wakatobi.

Ibu Negara Iriano Jokowi Kenakan Syal dan kerajinan mutiara dari UMKM Kota Baubau

Pameran UMKM tersebu Pemerintah Kota Baubau diwakili oleh Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan SDA Setda Kota Baubau, Aliman, SE, M.Si dan didampingi Direktur BLUD RSUD Kota Baubau dr Lukman SPPd, dan Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau.

Ketika berada di stand UMKM Kota Baubau Presdien Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi diberi syal warna crem motif Pahlawan Nasional Oputa Yii Koo. Dalam kesempatan tersebut, Ibu Iriana Jokowi memborong beberapa hasil kerajinan mutiara yang dibuat oleh pengrajin UMKM Kota Baubau.

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan SDA Setda Kota Baubau, Aliman, SE, M.Si ketika dihubungi melalui Whatapps, mengungkapkan rasa bangganya atas perkenaan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi berkunjungan ke Stand Pameran Pemerintah Kota Baubau.

“Dari stand-stand OPD Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten/Kota se Provinsi Sulawesi Tenggara, selain stand Pemerintah Kota Baubau, Presiden dan Ibu Negara hanya mengunjung stand BPJS, stand Pemerintah Wakatobi, stand Kementerian Kelautan, dan stand Pemerintah Kabupaten Buton,” ungkapnya kepada Baubau Post.

Lebih membanggakan lagi, lanjut Aliman, selama melakukan kunjungan pada beberapa tempat di Wakatobi, dari pagi sampai sore, termasuk ketika melepas anak-anak penyu di Pantai Patuno Resort, Ibu Iriana Jokowi selalu menggunakan syal dan kerajinan mutiara yang dibelinya di Stand Pemeran Pemerintah Kota Baubau.

BACA juga: Presiden Jokowi Tiba di Wakatobi Disambut Tari Sajo Moane, Tak Peduli Panas Matahari Antusias Warga Sambut Presiden

Aliman juga mengungkapkan ketika Presiden Jokowi berada di stand UMKM Baubau, mereka sempat memperlihatkan Foto Pahlawan Nasional asal Buton Sultan Himayatuddin atau yang populer disebut Oputa Yi Koo dan sekaligus mengingatkan bahwa Presiden Jokowi yang menetapkannya sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 2020. (***)