Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau bersama instansi vertikal di Kota Baubau, melaksanakan rapat koordinasi, dalam rangka peningkatan sinergitas instansi vertikal untuk mendukung program Pemerintah Kota Baubau. Kegiatan ini digelar di ruang rapat Kantor Walikota Baubau, Selasa (13/12).
Asisten I Setda Kota Baubau, La Ode Aswad mengatakan, peningkatan sinergitas ini perlu, agar program pembangunan yang dijalankan Pemkot Baubau dapat bersesuaian dengan progran yang dijalankan oleh instansi vertikal. Meski begitu, setiap instansi vertikal tetap bertanggung jawab pada kementerian masing-masing.
“Secara teknis instasi vertikal bertanggung jawab pada kementerian masing-masing, namun dalam rangka menunjang program Pemkot Baubau tentu harus ada sinergi. Kita tidak ingin mendikte mereka untuk melakukan ini, tapi paling tidak semua program itu harus searah dengan program pemerintah daerah, disamping memiliki kegiatan spesifik dari kementerian,” paparnya.
Selain itu, rapat koordinasi ini berfungsi untuk mengetahui segala hambatan yang dihadapi oleh setiap instasi vertikal dalam menjalankan tugasnya di Kota Baubau. Apabila terdapat hambatan, instansi vertikal diharap segera mengkoordinasikannya dengan Pemkot Baubau.
“Kalau ada hambatan dalam pelaksanaan tugas agar dikoordinasikan, misalnya BPS mengalami kendala dalam memperoleh data. Melalui rapat inilah diketahui kendala mereka dalam melaksanakan tugas, agar kami bisa koordinasikan dengan instansi terkait,” jelas Aswad.
Aswad menambahkan, rapat koodinasi ini idealnya dilakukan per triwulan. Namun karena keterbatasan waktu oleh kesibukan yang padat, sehingga rapat ini hanya digelar sekali dalam setahun. (**)

Pin It on Pinterest