BAUBAU, BP- Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) menggelar sosialisasi Peraturan Walikota No 66/2018 tentang penyelenggaraan bangunan pada Rabu (27/11).

Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengatakan aturan akan mengatur masyarakat yang ingin membangun rumah atau gedung. Dirinya berharap aturan walikota ini dapat dipahami semua kalangan yang hendak mendirikan bangunan.

“Saya percaya meskipun peraturan walikota nomor 66 tahun 2018 telah diterbitkan kurang lebih setahun lalu, belum semua pemangku kepentingan terkait, memahami esensinya. Olehnya karena itu, saya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini oleh dinas pekerja umum dan penataan ruang Kota Baubau,” ungkapnya

Dijelaskan, terdapat beberapa tujuan untuk mendirikan bangunan yang didasari aturan yang berlaku yakni mewujudkan bangunan gedung yang fungsional dan serasi dengan tata bangunan gedung serta selaras dengan lingkungan, yang kedua mewujudkan tertib penyelenggara bangunan dari segi keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan dan yang ketiga mewujudkan kepastian hukum dalam penyelenggarakan bagunan gedung.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut Monianse meminta agar semua pihak terkait bisa memberikan pemahaman terhadap masyarakat terkait aturan yang dikeluarkan walikota Baubau.Seluruh stakeholder, serta camat maupun lurah untuk proaktif dalam pengurusan IMB maupun pengurus Sertifikat Laik Fungsi (SLF) sebelum dan setelah mendirikan bangunan, agar permukiman maupun hunian teratur dan tertata dengan baik.

“Sesuai dengan tujuan kegiatan ini, saya berharap kita semua, lebih-lebih aparatur sipil negara di lingkup pemerintah Kota Baubau yang berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat di bidang bangunan gedung, bukan saja memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama dan mengimplementasikan tetapi juga dapat mensosialisikan secara baik dan benar kepada masyarakat, sehingga tujuan dari peraturan walikota ini dapat tercapai,” pintanya.

Pihaknya berharap instansi terkait yang mengurusi izin bangunan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang hendak membuat IMB. (#)

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest