SULTRA, BP-Kepala Dinas Komunikasi dan Imformatika Prov. Sultra, M. Ridwan Badalah di dampingi Kepala Bidang Data Center, membuka acara Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Syantik BPS di Command Center Dinas Kominfo Prov. Sultra/ Ruang Rapat.


Hadir pada acara ini, Kepala BPS Prov. Sultra, Agnes Widiastuti sebagai nara sumber yang memberikan pengantar materi pengenalan aplikasi syantik melalui Virtual.
Kepala Bidang Data Center Andi Asnawati Achmad mendampingi Kepala Dinas Kominfo Sultra pada Sosialisasi tersebut.
Diketahui bahwa aplikasi SYANTIK adalah produk Badan Pusat Statistik, namun dalam proses kerjanya dikolabirasikan dengan aplikasi SIM DATA BUKA INFO, kata kepala BPS Sultra melalui zoom meeting.
“Sesuai amanat Peprrs nomor 39 tahun 2019, tentang Satu Data, Dinas Kominfo sebagai walidata dan BPS sebagai Pembina Data Statistik” lanjutnya.
“Turunan pepres tentang satu data yaitu Permen PPN/Kepala Bappenas No 18 tahun 2020 tentang tata kerja penyelenggaraan SDI Tingkat Pusat serta UU No. 16 tahun 1997 tentang statistik yang mengamanatkan BPS bersama instansi pemerintah dan masyarakat, baik di tingkat pusat maupun daerah, untuk melakukan koordinasi dan kerjasama dalam penyelenggaraan statistik serta melakukan pembinaan kepada Instansi Pemerintah sebagai produsen data sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan” tegas Kepala BPS Sultra.
Khusus pada sistim Aplikasi Syantik, Fatur Rahman sebagai nara sumber pendamping Kepala BPS serta tim aplikasi syantik BPS memberikan arahan dan contoh serta tatacara pengisian Aplikasi Syantik secara langsung dan virtual yang diikuti 11 OPD lingkup Pemerintah Prov. Sultra.

baca juga: 51 Pemuda Sultra Bersaing Jadi Prajurit TNI AD di Sub Panpus Makasar
Dengan adanya kegiatan sosialisasi Aplikasi Syantik ini diharapkan dapat mewujudkan informasi yang berbasis Satu Data Prov. Sultra, serta semua OPD diharapkan dapat memberikan data yang akurat, terpercaya dan dapat digunakan secara baik dan benar untuk meningkatkan profesionalisme kerja lingkup Pemerintah Prov. Sultra.(**)

One thought on “Pemprov Sultra Mulai Sosialisasikan Penggunaan Aplikasi Syantik”

Comments are closed.