Peliput : Kasrun– Editor: Ardi Toris

BURANGA,BP-Dua Jembatan di Desa La Uki Kecamatan Kulisusu Barat, Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara kondisinya saat ini sangat memprihatinkan. Jembatan itu berlantaikan kayu dan sudah hampir rapuh, patah-patah, bahkan jembatan tersebut sudah berlobang-lobang.

Jembatan tersebut merupakan satu-satunya menjadi akses penghubung antara Buton Utara dengan Kota Baubau, dan Kabupaten Muna.

Karena berada di jalur jalan nasional, sebenarnya dua jembatan di Desa La Uki Kecamatan Kulisusu Barat itu adalah tanggung jawab Pemerintah Provinsi Sulawesi tenggara

Ada beberapa masyakarat setempat dan pengedara mobil yang kami temui di tempat tersebut, salah satunya warga yang bernama Inang, berharap kepada Pemerintah Kabupaten Buton Utara agar segera melaporkan dua jembatan tersebut kepada pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara agar segera diPerbaiki secepatnya.

salah satu jembatan di Butur yang tidak mendapat perhatian Pemprov Sultra

“Saya berharap kepada Pemda Butur agar segera melaporkan ke dua jembatan tersebut kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi tenggara agar secepatnya di perbaiki, karena ini tanggung jawab Pemerintah Provinsi ,” ujarnya (05/04)

Inang menceritakan setiap kali dirinya melewati jembatan tersebut menggunakan kendaraan roda dua dia selalu turun dan medorong motornya agar bisa melewati jembatan itu.

“Kalau saya lewat di sini saya tonda motorku, karena saya takut nanti saya jatuh,”ungkapnya.

Kepala Dinas PUPR Buton Utara Wawan Wardaya ST MSi saat dikonfirmasi melalu whatSapp mengatakan bahwa jembatan tersebut berada di jalan provinsi sehingga menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi yang akan memperbaiki jembatan tersebut maupun pemeliharaan jalannya.

“Jembatan ini berada di jalan Provinsi jadi sudah menjadi kewenangan Provinsi untuk memperbaiki termaksud pemeliharaan jalannya,”katanya.

Selanjutnya ia mengatakan bahwa sudah berulang kali pemerintah Buton utara bermohon ke pemerintah provinsi maupun melalaui anggota DPRD Provinsi Dapil Butur agar jembatan yang rusak di Butur diPerbaiki. Namun sampai saat ini belum ada realisasinya.

Sampai berita ini terbit Kepala Dinas PUPR Provinsi Sulawesi tenggara saat dihubungi melalui whatSapp, Ia belum memberikan keterangan terkait kapan akan diperbaiki jembatan yang rusak di Buton Utara yang menjadi gawean Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.(**)

Pin It on Pinterest