Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Pendaftaran Beasiswa Samatau mulai pada tanggal 31 Januari-14 Februari 2022, diperpanjang hingga Satu Minggu kedepan, kini telah mencapai kurang lebih 500 pendaftar.

Kabag Kesra Setda Buton Tengah (Buteng), Ahmad Nasmudin saat dikonfirmasi diruangannya, Rabu (16/02) mengatakan, pendaftarkan beasiswa Samatau diperpanjang, sebab jumlah pelamar beasiswa dari program mahasiswa berprestasi dan kurang mampu itu, tidak memenuhi target yang diharapkan.

Kabag Kesra Setda Buton Tengah (Buteng), Ahmad Nasmudin

“Diperpanjang sampai dengan 21 Februari 2022 mendatang, dan saat ini pendaftar sudah melebihi target, dari jumlah kuota sebanyak 400 orang,” jelasnya.

Untuk beasiswa Samatau, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buteng melalui Bagian Kesra Setda Buteng, menyiapkan anggaran sebesar Rp 950 juta. Namun, anggaran beasiswa Samatau tahun ini, berkurang dari tahun sebelumnya. Dimana pada tahun 2021, beasiswa samatau sebesar Rp 1 miliar, sehingga anggarannya berkurang Rp 50 juta.

“Porsi APBD untuk Kesra berkurang, sehingga anggaran beasiswa Samatau di tahun 2022, hanya sebesar Rp 950 juta,” jelasnya.

baca juga: Wujudkan Keinginan Membumikan Ajaran Al Qur’an, Pemda Buteng Gelar MTQ Tingkat Kecamatan

Untuk diketahui, behasiswa Samatau merupakan salah satu program dalam visi misi pasangan Bupati dan Wakil Bupati definitif pertama di Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Hal tersebut dilakukan, sebagai paya meningkatkan program pendidikan untuk mahasiswa berprestasi dan kurang mampu.(*)