Peliput:Iman Supa
RAHA, BP- Dalam penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Muna melalui kantor pos Raha yang diperuntukkan bagi 14 kecamatan sebanyak 4.021 Kepala Keluarga (KK) mendapatkan program dari Kementerian Sosial.
Menurut Kepala Kantor Pos Raha, La Madinuru SE sebanyak 2.850 KK yang menerima program PKH dengan dana keseluruhan mencapai Rp 1.300.000.000,- untuk wilayah Kabupaten Muna terdaftar 4.021 KK dengan nilai dana Rp 2.180.000.000,-
“Penyaluran ini diperuntukkan 14 kecamatan sementara 6 Kecamatan masuk di wilayah Muna Barat (Mubar), Diantaranya Kecamatan Lawa, Wadaga,Barangka, Sawerigadi, Kusambi dan Napanokusambi, data nominatif dan nilai datanya ada sehingga belum terjadwal proses penyalurannya”Singkatnya yang ditemui dikantornya belum lama ini.
Lanjutnya, penerima PKH diperuntukkan bagi Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) diantaranya keluarga yang memiliki anak usia balita/ibu hamil/menyusui dengan dana yang didapatkan Rp 1.000.000,-, untuk usia SD senilai Rp 500.000,- sementara bagi usia SMP senilai Rp 1.000.000,-.
“Yang tentukan mendapatkan program ini adalah pusat, kami (Kantor POS) hanya menyalurkan saja”lanjutnya
Sementara Herlina, dana PKH yang didapat akan digunakan sebagai biaya pendidikan anak.”Dana ini akan digunakan sebagai kepentingan sekolah”katanya.
Pantauan Wartawan Baubau Post, warga yang datang dari beberapa daerah memadati halaman kantor pos dalam menunggu proses pencairan dana.(*)