– Kontraktor Cairkan Anggaran 40 Persen, Kapal Tidak Ada
Laporan : Hasrin Ilmi
LABUNGKARI,BP-Proyek pengadaan kapal apung puskesmas keliling Dinas Kesehatan Buton Tengah (Buteng) tahun 2016 dinilai bermasalah. Bahkan, hingga kontrak selesai kapal tersebut tidak jelas keberadaanya alias “enjel”.

Proyek pengadaan dengan total anggaran kurang lebih Rp 1,4 M yang dimenangkan CV Sumber Baja Mandiri tersebut sudah melakukan pencairan uang hingga 40 persen dari anggaran.

Kepala Dinas Kesehatan Buteng , H Saharin SKM MSi saat dikonfirmasi Baubau Post terkait kasus tersebut membenarkan jika pihak kontraktor sudah mencaikan uang hingga 40 persen. Namun demikian, hingga selesainya batas akhir kontrak pelaksanaan tanggal 31 Desember 2016 kapal tersebut tidak ada.

“Yang jadi masalah kontraktornya sudah cairkan anggaran sampai 40 persen namun barangnya termasuk progres pekerjaanya sampai saat ini tidak ada,”katanya.

Awani, pihak kontraktor pelaksana proyek saat dihubungi Baubau Post mengakui jika, proyek pengadaan kapal apung puskesmas keliling sudah dalam proses pengerjaan. Pihaknya mangku pekerjaan tersebut diaksanakan di surabaya sesuai dengan jumlah anggaran yang dicairkan sekitar 40 persen.

“Volume pekerjaan sesuai dengan anggaran yang kami cairkan,”katanya.

Dikatakan, salah satu kendala terkait proyek ini karena anggarannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Sedangkan tahun 2016, DAK di Buteng hanya dicairkan 80 persen.”Coba tanya dinas apa kendalanya, pasti mereka tau,”katanya.

Menanggapi masalah tersebut, Kordinator Lembaga Kebijakan Publik, Tamrin Tuangge menilai, jika kontraktor sudah memegang kontrak konsekwesinya harus dituntaskan pekerjaan tersebut. JIka kemudian pekerjaanya melewati batas kontrak harus diajukan untuk penambahan waktu pekerjaaan.

“Tidak ada alasan kontraktor menuntaskan pekerjaaanya karena masalah anggaran. Apalagi sudah memegang kontrak pekerjaaan,”katanya.(***)

DAK 1,4 m….312 desember….40 pwersen dari anggram…..

keakitannnya seprrti…. cv sumber baja mandiri….

pptk dinsa kesehan…pihak termasuk permohonnan adendum dari kontraktor pg jaya abadi boat…

Pin It on Pinterest