Peliput: Alamsyah Pradipta

BAUBAU, BP – Dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), para kepala sekolah di Kota Baubau harus transparan. Pasalnya, dana ini digunakan untuk pembiayaan bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar.
Sekretaris Disdikmudora Kota Baubau, Drs Laode Nurlih Msi, setiap sekolah harus memperlihatkan besaran dan pembelanjaan dana BOS dengan memasang papan informasi. Sehingga masyarakat mengetahui realisasi penggunaan dana BOS.
“Setiap kepala sekolah harus transparansi dalam mengelola dana BOS. Diwajibkan adanya papan informasi didepan sekolah, agar masyarakat tahu, jadi mereka bisa iut mengawal penggunaan dana BOS. Juga harus diadakan rapat komite tiap tiga bulan untuk merincikan anggaran apa saja yang telah terpakai dan berapa saja sisanya, dan ini kewajiban semua sekolah,” tegasnya, Senin (24/10).
Nurlih menambahkan, dana BOS tidak boleh disalahgunakan oleh pihak sekolah, karena dapat dituntut dengan hukuman pidana. Pengawasan penggunaan dana BOS ini, akan dilakukan oleh tim dana BOS dari Disdikmudora.
“Tim dana BOS akan memantau, mengawal semua anggaran yang akan dipertanggung jawabkan masing-masing sekolah. Jika disalah gunakan, sudah pasti akan dikenakan pidana penjara, karena dana ini diperuntukan untuk siswa,” tutupnya.(#)