Pelabuhan Murhum. IST

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Pelabuhan Murhum Kota Baubau tidak lama lagi akan beralih ke swasta. Pengalihan pengelolaan ini dilakukan melalui Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

 Pelabuhan Murhum. IST
Pelabuhan Murhum. IST

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Baubau, melalui Kasi Lalulintas Angkutan Laut dan Pelayanan Jasa, Suparno menyebut, jika rencana ini masih dalam kajian pemerintah pusat

“Rencana begitu, proses ada di pusat sementara masih dalam kajian,” katanya saat dikonfirmasi melalui selulernya, Senin (05/10).

Pihaknya belum dapat memastikan perusahaan apa yang akan mengelola Pelabuhan Murhum nantinya. Namun rencana lelang mulai dibuka November 2020.

“Belum ada bocoran,” singkatnya.

Pengelolaan Pelabuhan Murhum melalui KPBU menurutnya, untuk meningkatkan layanan pelabuhan. Untuk itu, Pelabuhan Murhum sangat berpotensi menjadi salah satu pelabuhan besar di Indonesia, bahkan bisa Internasional.

“Iya benar, untuk peningkatan layanan pelabuhan,” tuturnya.

Pihak swasta telah memiliki modal yang besar untuk pengembangan pelabuhan menjadi lebih baik. Sementara pemerintah terkadang masih terkendala dalam hal anggaran.

“Kalau swasta itu dikembangkan bisa ke segala lini,” terangnya.

Suparno menambahkan, KPBU merupakan pengelolaan pelabuhan yang dipercayakan kepada perusahaan pemenang tender. Untuk itu memiliki masa waktu perjanjian kerja sama operasional.

“Nanti ada konsesi yang besarannya ditetapkan sesuai PP No 15/2016 yang harus diberikan kepada pemerintah,” tambahnya. (**)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

KOMPLOTAN PERAMPOK BERSENJATA TAJAM SEMPAT MENYEKAP KORBANNYA DI BUTON UTARA DITANGKAP POLISI

HebatPolresButonUtara, Kawanan perampok bersenjata tajam berhasil diamankan Polres Buton Utara (Butur). Kawanan perampok itu sempat menyekap korbannya dalam kamar. Mereka berasal dari luar Buton Utara. Sejumlah barang bukti berupa ATM, beras, parang, obeng, dan senjata tajam jenis lainnya termasuk linggis berhasil diamankan oleh aparat kepolisian Buton Utara.@BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest