Peliput Alyakin

PASARWAJO, BP – Pengurus Rumah baca Bajo Bahari, Kecamatan Wabula Kabupaten Buton Menggelar lomba menulis yang diikuti kalangan ibu-ibu PKK serta siswa-siswi SD Negeri Bajo Bahari di SD Negeri Bajo Bahari, Selasa (12/12).

Adapun pengurus pengurus rumah baca di kampung listerasi yakni Polres Buton, Kodim 1413 Buton, Dinas Pendidikan Buton, dan Pemerintah Desa. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kapolres Buton, AKBP Andi Herman Sik.

Kapolres Buton, Andi Herman dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih serta mengapresiasi kepada semua pihak penggagas acara ini sehingga berjalan dengan baik dan diharapkan terus berlanjut sesuai dengan program pemerintah.

“Kita berharap, kegiatan ini terus berlanjut, bahkan saya yakin, anak-anak kita di Bajo Bahari ini suatu saat akan banyak yang menjadi orang-orang sukses,” katanya

Orang Nomor satu di Polres Buton , berkeyakinan dengan adanya kegiatan kegiatan positif seperi lomba baca sehingga anak anak tidak lagi buta aksara, karena apa yang sudah dilaksanakan oleh Pihaknnya selama ini sehingga Desa Bajo Bahari dinobatkan sebagai kampung literasi

Ditempat yang sama, Bhabinkamtibmas Polsek Pasarwajo yang juga pengurus rumah baca Bajo Bahari, Brigadir Al Muhalid mengatakan tujuan digelarnya lomba menulis untuk memberikan pengetahuan dasar tentang menulis kepada masyarakat.

“Melatih kretifitas siswa dan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan menulis, serta menumbuh kembangkan kebiasaan menulis pada masyarakat,” Katanya

Bajo Bahari dikembangkan menjadi kampung Literasi, Kata dia, agar masyarakatnya bisa memiliki enam kecakapan litersi yakni, literasi baca tulis, literasi berhitung, literasi sains, literasi teknologi informasi dan komunikasi, literasi keuangan, serta literasi budaya dan kewarga negaraan.

Meski demikian, Pihaknya berharap Kampung Literasi Bajo Bahari dapat menjadi poros pendidikan non formal masyarakat dan masyarakat memiliki pemahaman yang utuh.

Pantauan media ini, kegiatan tersebut turut hadir Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Setda Buton Murtaba Muru, Koramil Pasarwajo Kapten Inf Rasit Tandri, Kapolsek Pasarwajo Iptu Cursil Risard Gattu, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Buton La Nadzi, serta sejumlah masyarakat setempat dan sumber dananya bersumber dari Direktorat Pembinaan Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.(*)

Pin It on Pinterest