Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP-Ribuan umat islam di Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara melaksanakan sholat Ied dalam rangka memperingati hari raya Idul Fitri 1443H/2022 M di pelataran Pantai Kamali, Senin (02/05/2022).

Pelaksanaan sholat Ied dimulai sekitar pukul 07.20 WITA dengan suasana lancar, tertib, aman dan penuh hikmat dengan tetap menjalankan protokjol kesehatan.

Walikota baubau La Ode Ahmad Monianse sholat ied 1443H/2022 M di pelataran Pantai Kamali

Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse bersama keluarga besar juga melaksanakan sholat Ied tahun di Pantai Kamali.

Selain para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) se Kota Baubau, Anggota DPD RI asal Sultra Amirul Tamim juga melaksanakan sholat ied dilokasi yang sama.

Usai Sholat Ied, masyarakat Kota Baubau memanfaatkan momen itu untuk bersalaman dengan Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse.

Dia pun mengucapkan selamat merayakan lebaran Idul Fitri 1443H/2022M kepada warga Kota Baubau dan atas nama Walikota Baubau dan keluarga besarnta mengucapkan ‘ Minal Aidin Wal Faidzin’ mohon maaf lahir dan bathin.

Salah satu hikmat hutbah Idul Fitri tahun ini mengingatkan kepada umat islam di Kota Baubau bahwa puasa yang sudah dijalankan selama satu bulan penuh bermanfaat untuk membakar bagian-bagian dari sifat manusia yang tidak berguna.

“Kemuliaan manusia itu dimata Allah jika sang manusia berguna terhadap manusia lainnya. Karena itu manfaat puasa itu salah satunya membakar sifat yang tidak berguna itu. Puasa akan menyeleksi mana berlian dan bukan berlian, mana yang merupakan emas murni dan mana yang merupakan imitasi,” ucap khatib.

baca juga: Kapolres Baubau Kembali Rotasi Lima Pejabat, Siapa Saja Yang Dirotasi?

Pelaksanaan sholat Ied di Kota Baubau selain dilaknakan di lapangan terbuka di semua kecamatan yang ada di Kota Baubau juga jamah bisa melaksanakan sholat ied di masjid-masjid yang mengumumkan menyelenggarakan sholad ied. (***)