Peliput: Darson

BURANGA, BP – Badan Urusan Logistik Kabupaten Buton Utara (Butur) sejauh ini sudah menyalurkan beras yang diperuntukkan bagi masyarakat berlatar belakang ekonomi miskin atau biasa disebut raskin, ke 70 desa dari 78 desa yang ada di daerah tersebut.
Sedangkan sisa delapan desa yang belum menerima bantuan ini yakni Desa Angkalo, Tatombuli, Rante Gola, Bente, Bubu, Lagundi, Mata, dan Balauara. Hal ini disebabkan, para kepala desa (Kades) belum sama sekali datang mengambil raskin tersebut.
Kepala Bulog Yondo saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (1/12) menuturkan, penyaluran berkas raskin ke masyarakat setempat telah mencapai 90 persen. Hanya saja, kata dia, ada beberapa kepala desa belum datang mengabil jatah beras raskin yang telah diporsikan bagi masyarakat yang tercatat berhak menerima.”Stok Beras yang diperuntukkan untuk delapan desa ini telah ada, hanya saja belum disalurkan disebabkan kepala desa belum serius datang mengambil jatahnya,”katanya.
Diungkapkannya, untuk Butur sendiri, penerima raskin mencapai 5.211 kepala keluarga (KK) dengan jatah stok beras yang disalurkan mencapai 67 ton.
Menjelang akhir tahun, tambah Yondo stok beras mencapai 422 ton dengan jumlah ketersedian beras itu akan mampu memenuhi kebutuhan beras hingga April 2017 mendatang bagi masyarakat kabupaten setempat. “Jadi stok beras menjelang pergantian tahun dipastikan aman,” tambahnya.
Yondo mengharapkan agar masyarakat tak perlu resah karena seluruh stok beras dijamin aman. Menurutnya, sepanjang tahun 2016 ketersediaan beras yang disuplay ke Butur selalu memenuhi porsi dan kebutuhan masyarakat setempat. Selain itu, kepada para Kades yang belum ambil Raskin agar segera diselesaikan supaya masyarakat tak menunggu.
Yondo menambahkan lagi, seluruh kepala desa agar proaktif dalam mengurus pengambilan raskin agar kebutuhan beras khusus yang diperuntukkan bagi masyarakat memiliki latar belakang ekonomi lemah dapat terpenuhi. “Kita selalu berikan lelayanan secara optimali agar masyarakat yang berhak memperoleh raskin dapat disalurkan langsung ke mereka,”bebernya.(*)