Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Sebanyak 250 perangkat masjid yang tersebar diseluruh Kecamatan di Buton Tengah (Buteng) mendapatkan kenaikan gaji. Hal tersebut, sebagai perhatian Bupati Buteng H Salahuddin SE, untuk kesejahteraan perangkat masjid.

Kabag Kesra Buteng, Ahmad Nasmudin

Kabag Kesra Buteng, Ahmad Nasmudin saat dikonfirmasi diruangannya mengatakan, di tahun 2022, insentif perangkat masjid naik kurang lebih Rp 300-400 ribu dari sebelumnya. Untuk honor perangkat masjid yang dinaikkan yakni, imam Kabupaten atau kecamatan dari Rp 600 ribu menjadi Rp 1 juta. Sementara untuk imam kelurahan dari Rp 500 ribu menjadi Rp 800 ribu.

“Kenaikan honor itu termasuk naib, khatib, moji, sara laki-laki dan perempuan dan guru mengaji honornya naik dari Rp 400 ribu menjadi Rp 700 ribu,” jelasnya.

Kenaikan gaji perangkat masjid tersebut, berdasarkan hasil evaluasi tahun 2021. Dimana, Bupati Buteng mengambil inisiatif untuk menaikkan honor semua perangkat masjid setelah melihat beban tugasnya.

Lanjutnya, untuk anggaran kenaikan
gaji perangkat masjid bersumber dari APBD tahun 2022 di Kesra dengan total Rp 2,1 miliar lebih. Jumlah itu melebihi tahun lalu yang cuma Rp 99 juta sebab perangkatnya bertambah menjadi 250 orang.

BACA JUGA: Target Vaksinasi Belum Tercapai, Bupati Samahuddin: ASN di Buteng Terancam Tidak Gajian

“SK-nya sudah jadi tinggal diteken, jumlah perangkat masjid juga ditambah. Awalnya kurang dari 250 orang, kini mencapai 250 orang,” tutupnya.(*)

One thought on “Perangkat Masjid di Buteng Dapat Kenaikan Gaji”

Comments are closed.