Dirut RSUD Baubau dr Lukman SpPD

Peliput: Prasetio M — Editor: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Dalam rangka upaya percepatan pemutusan mata rantai Covid-19, melalui hasil tes akurat dan efesien, Kota Baubau bakal meyediakan mesin alat mobile Polymerase Chain Reaction (PCR) dalam waktu dekat.

Dirut RSUD Baubau dr Lukman SpPD
Percepat Hasil Swab Tenggorakan, Baubau Bakal Siapkan Mesin PCR. kata Dirut RSUD Baubau dr Lukman SpPD

Hal ini diungkapkan oleh Direktur BLUD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Baubau, dr Lukman SpPD, saat ditemui awak media di Kantor Wali Kota Baubau, Senin ( 26/10 ).

“Insya Allah tahun ini dalam waktu tidak terlalu lama kita sudah miliki alat mobile PCR itu, ” ujarnya.

Menurut dr Lukman yang juga menjabat sebagai Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Baubau, adanya mesin PCR di Kota Baubau nanti, maka akan membantu jika terjadinya time delay (penundaan waktu-red) keluarnya hasil swab tenggorokan dari rumah sakit Bahteramas Kendari, jika terjadi kalibrasi. Pasalnya bila hal itu terjadi, maka akan beresiko yang membuat transmisi penularan lebih cepat, karena tidak terdeteksi lebih awal.

“Karena Sesuai keputusan menteri kesehatan bahwa dalam upaya penanggulangan covid-19 harus akurat, cepat dan berorientasi spasiotemporal. Jadi hal itulah yang akan kita lakukan untuk memperkecil time delay dengan mengusahakan adanya PCR,” ungkapnya.

Dikatakan, pengadaan alat PCR tersebut, pihaknya juga sudah melakukan konsultasi dengan BPK dan bagian pengadaan Pemerintah Kota Baubau sehingga dikemudian hari tidak bermasalah. Dan untuk pengoperasian alat PCR, pihaknya mempersiapkan SOP dan SDM.

BACA JUGA: Pemkot Baubau Rencanakan Pengadaan Alat PCR

Ia menambahkan, pengadaan alat PCR di Kota Baubau tidak hanya untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 di wilayah Baubau, namun juga untuk membantu upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid -19 secara cepat dan akurat di daerah sekitar.

” Daerah tetangga boleh mengirim, tapi kita sementara atur SOP nya,” tutupnya. (**)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

One thought on “Percepat Hasil Swab Tenggorakan, Baubau Bakal Siapkan Mesin PCR”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest