Peliput: Zul Ps

WANGI-WANGI, BP – Perencanaan yang tak efektif “Main-main” Jalan penghubung antara Desa Horuo dan Desa Mantigola, Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi belum juga rampung pada tiga tahap pekerjaan.

Munawar

Kemudian kini kembali direncanakan dan masuk pada ke empat tahap pekerjaan dengan pengadaan Box Culvert yang di satu paket kan dengan batu kosong untuk dinding-dinding dengan kembali menelan anggaran kurang lebih Rp 1 Milyar.

Perencanaan yang baik haruslah sesuai dengan informasi dan data yang jelas. Namun yang dilakukan oleh perencanaan nampaknya tidak memperhatikan situasi dan kondisi yang ada di lokasi pekerjaan. Pasalnya, pada pekerjaan penghubung jalan tersebut terdapat arus yang mengalir cukup deras.

Hal tersebut diakui oleh Kabid Bina Marga PUPR Kabupaten WWakatobi Munawar saat dikonfirmasi di ruangan kerjanya pada Senin (22/02),disebutkanya jika dampak dari hal tersebut sehingga mengakibatkan anjloknya beberapa titik badan jalan.

” Sebenarnya begini, kemarin itu mau dianggarkan (Direncanakan_Red) dengan Box Culvert ini, tapi pada saat kita hitung-hitung anggarannya nda cukup, lebih ke sisi manfaatnya untuk masyarakat jadi nda apa-apa kita lanjutkan saja, nanti Box Culvert menyusul,” Ungkapnya.

Pihaknya juga menjelaskan jika, untuk sementara progres Box Culvert tersebut belum diasistensi oleh pihak konsultan, hal tersebut tentu bertentangan dengan keterangan awal yang menjelaskan jika Box Culvert telah direncanakan sejak awal. Sehingga ada dugaan jika perencanaan yang dilakukan tidak efektif.

baca juga: Hasil Sinkronisasi Visi-Misi Bupati Wakatobi Terpilih, Dua Kementerian Dijadwalkan Berkunjung Ke-Wakatobi

Selain itu, dikatakannya selain anggaran, jika langsung digunakan Box Culvert maka jalan tersebut bakal terputus, sehingga akses ke Desa mantogola tidak dapat digunakan, Munawar juga menyebutkan jika akses jalan desa tersebut sebelumnya menggunakan perahu.

” Jadi sekarang jalan tidak perlu sewa, dan sekarang banyak yang beli motor, ” tukasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest