Laporan: Prasetyo M

BAUBAU, BP-Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Baubau menggelar aksi sosial dengan memberikan santunan kepada Anak Yatim Piatu dan Anjangsana ke Panti Asuhan. Aksi tersebut dalam rangka memperingati Hari Kartini, yang diselenggarakan di rumah jabatan Wali Kota Baubau, Rabu (21/4/2021).

Dalam sambutannya Ketua GOW Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse, S.Pd. menuturkan, memperingati hari kelahiran Kartini merupakan suatu keharusan bagi kaum Wanita. Pasalnya, sebagai pelopor Emansipasi Wanita, Raden Ajeng Kartini merupakan sosok yang sangat menginspirasi kaum Wanita di seluruh Indonesia.
“Peringatan hari Kartini adalah momen bersejarah yang selalu diperingati setiap tahun oleh kaum Wanita di seluruh Indonesia. Raden Ajeng Kartini adalah pelopor Emansipasi Wanita, sosok hebat yang berjuang agar hak-hak Wanita tidak diabaikan,” ujar Wa Ode Nursanti Monianse.
Wa Ode Nursanti Monianse juga menuturkan, warisan tersebut membuat Perempuan Indonesia berhak mendapatkan pendidikan dan kedudukan sejajar dengan kaum Pria. Untuk itu, memperingati hari kelahiran Raden Ajeng Kartini tidak salah bahkan wajib bagi generasi saat ini terutama kaum Wanita sebagai bentuk rasa terima kasih atas prakarsanya tersebut.
“Aksi Sosial dengan tema “GOW Berbagi” ini merupakan bentuk komitmen dan kepedulian kami dari seluruh Organisasi Wanita yang tergabung dalam GOW Kota Baubau. Aksi sosial ini berupa santunan anak Yatim dari kita untuk kita, yang dikandung maksud bahwa anak yatim yang disantuni adalah berasal dari Organisasi-organisasi yang ada di dalam GOW itu sendiri,” tuturnya, sebagaimana dirilis Kominfo Baubau.

Lebih lanjut Wa Ode Nursanti Monianse mengungkapkan, selain memberikan santunan kepada Anak Yatim, GOW Berbagi juga melakukan anjangsana ke Panti Asuhan dan Rumah Tahfiz yang dianggap layak. Untuk, Ia juga berharap agar aksi sosial tersebut dapat bermanfaat bagi Anak Yatim Piatu yang diberikan santunan serta dapat memberikan dorongan dan motivasi bagi Panti Asuhan dan Rumah Tahfiz yang dikunjungi.
“Selamat hari Kartini 21 April 2021, semoga dengan semangat PO-5 dan emansipasi Kartini kita tingkatkan peran perempuan dalam berkarya mengabdi untuk kemajuan daerah kita kota BauBau yang kita cintai. Semoga Aksi Sosial yang dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan ini mendapatkan pahala di sisi Allah Subhanahu Wataala, Tuhan yang Maha Esa. Aamiin,” pungkasnya.
Kegiatan Sosial dengan tem “GOW Berbagi” tersebut turut di hadiri oleh Wali Kota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH., Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan para ketua Organisasi Wanita yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Baubau.
Diketahui, dana Aksi Sosial tersebut bersumber dari partisipasi atau sumbangan sukarela dari 27 Organisasi Wanita yang merupakan pengurus GOW Kota Baubau, serta sumbangan dari Wali Kota Baubau dan Wakil Wali Kota Baubau. Dari sumbangan tersebut telah terkumpul dana sebesar Rp. 12.350.000,-. Selain itu, juga terkumpul sumbangan berupa Beras, Minyak Goreng, dan Telur.

baca juga: Hadiri Kegiatan GOW Berbagi, Wali Kota AS Tamrin Kembali Ingatkan Pentingnya Kekompakan


Adapun 27 Organisasi Wanita tersebut terdiri dari : PKK Kota Baubau, Dharma Wanita Persatuan Kota Baubau, Bhayangkari, Persit Kartika Candra Kirana, Dharma Yukti Karini, Adhiaksa Dharma Karini, Persatuan Istri Anggota DPRD Kota Baubau, Jalasenastri, BKMT, Wanita Islam, Muslimat NU, Aisiya, Fatayat NU, Dharma Wanita BPD, Ikatan Bidan Indonesia, Ikatan Istri Dokter Indonesia, PPNI, KPI, PEKKA, APPAK, FORHATI, WHDI, Wanita Kristen Katolik, Wanita GEPSULTRA, Wanita Budha, dan Wanita Disabilitas Indonesia.(*)