Peliput:Iman Supa
RAHA,BP – Dalam memperingati hari Sumpah Pemuda Ke-88, Bupati Muna sebagai inspektur upacara melalui momentum peringatan sumpah pemuda mengharapkan seluruh masyarakat Muna, terkhusus bagi pemuda agar bersatu dalam memaju daerah Muna. Upacara yang diselenggarakan di Alun-Alun Kota Raha, dihadiri seluruh Pimpinan Daerah maupun seluruh SKPD. Jumat (28/10).
Dalam mengawali sambutannya, LM Rusman Emba mengatakan, penghargaan dan hormat kepada Bung Karno sebagai bapak bangsa. Tokoh pemuda masa itu meneriakan kalimat “beri aku seribu orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku sepuluh pemuda niscaya akan kuguncangakan dunia”.
Pertanyaan yang muncul Apakah mungkin dengan 10 pemuda akan menguncangkan dunia. Jawaban tersebut akan kita temukan melalui fakta data geografi Indonesia menyebutkan bahwa data pemuda sesuai Undang-undang No 40/2009 tentang kepemudaan dengan rentang usia antara 16-30 tahun berjumlah 61,8 juta orang atau 24,5 persen dari jumlah penduduk indonesia dari 252 orang.
“Hal ini dibuktikan oleh beberapa pemuda yang telah mengukir prestasi dan mengharumkan nama indonesia di kancah internasional seperti Rio Haryanto sebagai pembalap internasional. Selain itu, mengembalikan tradisi emas diajang olimpiade Rio de jeneiro brasil melalui cabang olahraga bulu tangkis yang mengundang dunia Maupun berbagai prestasi lainnya,” Ungkap Rusman Emba.
Selain itu, peringatan hari sumpah pemuda menjadi refleksi bahwa pernah suatu masa sebuah bangsa berpecah-pecah kemudian menyikarkan diri menjadi sebuah negara, berikar satu bangsa satu tanah air dan satu bahasa.
Semangat persamaan dan kesatuan untuk merdeka sangat luar biasa. Indonesia telah merdeka semangat kebersamaan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat, kebersamaan dan kesatuan akan mengangkat harkat dan martabat bangsa indonesia di mata dunia.
“Terkhusus masyarakat Muna terutama para pemuda dalam memperingati hari sumpah pemuda sebuah momentum kebangkitan dan persatuan yang selama ini terpecah karena momentum politik saatnya bersatu menata masa depan Muna agar daerah kita lebih berkembang sejajar dengan daerah yang berkembang di Indonesia,” harapnya.
Ia menambahkan, kegiatan pemuda akan selalu didukung baik berbentuk pertemuan dalam rangka meningkatkan silaturahmi semua dalam rangka memberikan sentuhan sehingga pemuda kreatif, inovatif dalam berkarya.(*)