Peliput: Darson

BURANGA, BP – Ribuan siswa siswi tingkat SD, SMP dan SMA se Kabupaten Buton Utara (Butur) meriahkan kegiatan jalan sehat. Kegiatan ini sebagai rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 71 sekaligus Hari Guru Nasional ke 23.
Selain ribuan siswa tersebut, kegiatan ini juga diikuti Bupati Butur Abu Hasan dan Sekda La Ode Baharuddin dan kepala SKPD lingkup Pemda Butur. Kemudian, sejumlah guru, jajaran struktural Dinas Pendidikan, pengurus PGRI Butur, Kapolsek Kulisusu Kompol Rahman Dundu Regasa, Koramil Kulisusu 1416-04 Kulisusu Mayor Inf. Prasetya.
Tak ketinggalan, beberapa anggota legislatif setempat ambil bagian dari jalan sehat ini, misalnya ketua Komisi I Diwan dan ketua Komisi III Abdul Manan Gani serta beberapa anggota dewan lainnya.
Jalan santai yang star di lapangan Raja Jin dan finish kembali ditempat yang sama ini dibuka langsung oleh Bupati Butur Abu Hasan dan sekaligus ikut dalam rombongan Muspida Butur paling depan.
Setelah finish, dilanjutkan senam bersama, pembacaan pemenag udian. Dikesempatan itu pulah, BPJS cabang Butur menyelengarakan pemeriksaan kesehatan rahim gratis bagi seluruh guru wanita serta istri-istri guru se Butur.
Sekretaris PGRI Butur Rais mengungkapkan bahwa perayaan HUT PGRI dan hari guru nasional ini baru pertama kali dilaksanakan di Butur dengan diisi sejumlah kegiatan. Dimana selama ini diakuinya hanya melakukan upacara saja tanpa ada kegiatan lainnya.”Baru tahun ini diisi dengan jalan sehat dan sejumlah kegiatan lainnya. Ini sangat ramai, karena banyak pihak atau peserta sangat antusias untuk merayakan hari para guru ini,” ungkap Rais diselah-sela kegiatan.
Kedepannya, akan ditingkatkan lagi lebih meriah dari pada tahun ini. Hal ini, tentunya untuk menghormati para guru. Sebab, profesi guru ini patut dihargai setinggi-tingginya.
“Guru ini luar biasa jasanya, tanpa mereka kita tidak berhasil seperti saat ini. Jadi dengan peringatan ini bisa menambah wawasan kita untuk lebih menghargai profesi guru,”pungkasnya.(***)