Peliput: Gustam Editor: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Untuk menunjang kompetensi siswanya dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) di bulan April, pihak SMAN 1 Baubau, Senin (20/02) menggelar simulasi pelaksanaan UNBK yang digelar didua tempat berbeda, yakni di ruangan belajar SMAN 1 Baubau dan SMKN 1 Baubau.
Terbaginya lokasi, karena SMAN 1 Baubau terbatas jumlah komputernya, sehingga mengharuskannya bekerjasama dengan pihak SMKN 1 Baubau, untuk menyeimbangkan rasio komputer dan siswa yang mengikuti UNBK.
Kepada Baubau Post Proktor Utama pelaksanaan UNBK SMAN 1 Baubau, Nasir SPd MPd mengatakan, pelaksanaan UNBK tersebut berlangsung selama dua hari, dengan mata pelajaran yang di ujiankan untuk hari pertama yakni mata pelajaran pilihan sesuai dengan jurusan baik IPA maupun IPS, dan untuk di hari ke dua mata pelajaran yang di ujiankan yakni Bahsa Inggris.
“Simulasi ini berlangsung selama dua, hari ini dengan besok. Mata pelajaran yang diujikan dihari pertama ini yakni mata pelajaran pilihan sesuai dengan jurusannya baik IPA untuk IPS, dan untuk besok mata pelajaran yang diujiankan yakni bahasa inggris,” kata Nasir.
Nasir menilai, simulasi tersebut berdampak positif terhadap keintelektualan siswa. Pasalnya berbeda dengan ujian tes pada umumnya, pada UNBK siswa dituntut untuk jujur dan tidak menyontek dalam menjawab soal, sehingga mengharuskan mereka untuk belajar segiat mungkin.
“Kalau kita lihat dampaknya ini sangat besar, anak-anak diajar untuk jujur dan tidak nyontek, karena berbeda dengan tes yang biasanya, disini dibutuhkan kemampuan sendiri. Saya yakin, para siswa akan terpacu untuk belajar lebih giat lagi,” ungkapnya.
Hal senada diungkap Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Baubau La Hidi SPd MPd, dengan adanya simulasi UNBK, peserta ujian SMAN 1 Baubau dapat mempersiapkan diri sebelum menghadapi UNBK sesungguhnya.
“Dengan simulasi ini, kami berharap agar siswa kami peserta ujian yang sebanyak 475 orang ini yang terdiri dari 116 orang jurusan IPS dan 359 orang jurusan IPA, sudah memahami apa-apa yang perlu di siapkan saat pelaksanaan UNBK yang sebenarnya nanti,” kata La Hidi.
Untuk kualitas soal ujiannya jelas La Hidi, masih terbilang standar, karena soalnya dibuat langsung oleh Pemerintah pusat. Soal-soal ujian diambil dari materi tahun lalu untuk diujiankan pada simulasi UNBK.
“Soalnya itu dibuat langsung dari Pemerintah pusat, maka untuk kualitas soalnya, sempat saya masih soal-soal ujian dari tahun lalu,” tutupnya. (#)

Pin It on Pinterest