Peliput: Iman Supa Editor: Zaman Adha

RAHA, BP – Satu unit pesawat jet tempur milik Tentara Nasonal Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) tipe MK 53 HS HOK akhirnya tiba di Kabupaten Muna. Pesawat Jet ini diangkut menggunakan dua pesawat Hercules dari Pangkalan Udara Militer Iswahyudin, Madiun Provinsi Jawa Timur.
Pesawat Jet tempur ini akan dimuseumkan di Kabupaten Muna, dimana sebelumnya Pesawat ini sudah tidak digunakan lagi oleh TNI – AU. Sebelumnya, Bupati Muna telah memasukkan permohonan, agar pesawat ini dapat di museumkan di Muna.
“Jet ini digunakan AU sejak tahun 1980, sudah tidak dioperasikan lagi, sebelumnya jet taktis,” ujar Kapten Tek Agus Rusdianto, sebagai sekak trun teknis 042 Lanud Iswhyudi, Jumat (6/1).
Pemasangan pesawat dilakukan di areal baypass dihadapan galampano dan langsung dimuseumkan. Badan jet dipisahkan dengan sayapnya, lalu dimuat menggunakan dua peswat hercules, dari Kota Madiun sejak hari Rabu, (4/1).
Ketika sampai di bandara Haluoleo, kemudian diangkut mengunakan dua unit mobil tronton. Selanjutnya, tiba di Muna pada malam Jumat, (5/1) pukul 22.00 Wita, beserta 15 personil teknis. Jet, yang bernomor seri 14 yang pernah diawaki oleh putra daerah Muna Marsekal Muda (Marsda) Bahrim.
“Permohonan bupati tujuanya bagus untuk memperkenalkan kepada masyarakat dalam dunia militer. Tentu program kami untuk memperkenalkannya diseluruh indonesia, agar masyarakat tertarik menjadi anggota TNI -AU,” ujar sekaligus ketua tim pemasangan monumen.
Sementara itu, Bupati Muna LM Rusman Emb mengatakan, pihaknya telah bermohon agar pesawat jet tempur ini dihibakan, untuk menjadi monumen di Kabupaten Muna.
“Adanya jet ini untuk menyemangati adik -adik kita, agar punya keinginan menjadi TNI AU, dan ini sebagai monumen,” singkatnya. (*)

Pin It on Pinterest