Peliput: Ujang Barakati Editor: Zaman Adha

dr Edy Natsir

BAUBAU, BP – Peserta Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Kota Baubau hingga saat ini mencapai 10.743 jiwa. Jumlah ini terus bertambah sejak tahun 2015.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, dr Edy Natsir MKes mengatakan, jumlah perserta Jamkesda berdasarkan data dari bank data sosial yang tersebar di 43 kelurahan. Jamkesda diperutukkan bagi masyarakat kurang mampu.

“Program ini diprioritaskan terutama pada keluarga tidak mampu. Kalau sudah dapat, akan naik lagi ke keluarga lain tanpa memandang status dia keluarga mampu atau tidak mampu,” ujarnya.

Edy menyebut, program Jamkesda tahun 2017 menelan anggaran hingga Rp 2,9 miliar. Pengadaan Jamkesda melalui tiga skema yakni bantuan dari PBI pusat, pembiayaan dari provinsi dan pembiayaan murni dari daerah.

Dinas kesehatan Kota Baubau menargetkan, tahun 2018 akan dilakukan penambahan sekitar 15.000 jiwa. Tahun 2019, semua masyarakat Kota Baubau sudah mendapatkan jaminan kesehatan baik itu dari PBI pusat, swasta, PNS, TNI dan POLRI.

Saat ini Dinas Kesehatan menerapkan paradigma sehat, yakni orang sehat tetap sehat dan orang sakit cepat disehatkan dan membuang cara pandang yang dulu menganggap fasilitas kesehatan merupakan tempatnya orang sakit. (#)

Pin It on Pinterest