Peliput: Alamsyah Pradipta – Editor: La Ode Adrian

LABUNGKARI, BP – Pesona tempat-tempat wisata di Kabupaten Buton Tengah memang patut mendapat pujian, salah satunya tempat wisata Pulau Dua yang terletak di Desa Langkomu, Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng).

Dinamakan Pulau Dua, dikarenakan dua buah pulau tersebut dibatasi oleh air laut yang membentang luas, namun ketika air laut surut, masyarakat bisa menyeberang dari satu pulau ke pulau lain dengan berjalan kaki, dikarenakan air yang surut hingga kedasar laut.

Romi yang merupakan salah satu pengunjung mengatakan, kedua pulau tersebut memiliki banyak keindahan, serta pada bagian hutan dalam pulau memiliki satwa beraneka ragam, terutama burung-burung yang sangat jarang dijumpai pada hutan pada umumnya.

“Ada banyak pohon warna warni disini, pohonnya seperti di Jepang menyerupai pohon sakura, ada juga burung bangau yang sering lewat, kalau burung bangau baru disini saya lihat dan cantik-canti ternyata, dan masih banyak lagi,” ungkapnya, Selasa (22/11).

Romi menjelaskan, kedua pulau tersebut terlihat seperti padang pasir jika air sedang surut, dan jika air sedang pasang terlihat seperti danau.

“Keindahanya ini pulau kalau lagi turun airnya karena kita bisa jalan-jalan seperti ada di padang pasir, karena kalau air turun jauh sekali turunya sampai-sampai bisa kita menyeberang menuju pulau sebelah. Tapi kalau air sudah naik kita tidk bisa menyeberang karena dalam sekalih, makanya harus menggunakan speedboat,” tuturnya.

Tambahnya, untuk sampai ke pulau tersebut masyarakat tidak aka dibuat susah, dimana kedua pulau berdekatan dengan salah satu kampung menuju Wamengkoli yang menjadi pusat pelabuhan di Buteng.(#)