Peliput : Kasrun

BURANGA, BP- Dinas Pertanian Kabupaten Buton Utara (Butur) akan menyiapkan bibit sapi untuk diternakan bagi masyarakat kelompok peternak yang telah memiliki lahan peternakan.

Bantuan bibit sapi itu kata Kepala Dinas Pertanian Butur, Yusuf bisa meminta kepada pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Pemerintah Pusat dengan cara menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan.

Kepala dinas Pertanian Kabupaten Buton Utara, Ir Yusuf M. A. P

“Kalau dari dinas belum, dari Dinas Pertanian Kabupaten belum. Tapi itukan kita bisa meminta di Provinsi sama di Pusat dengan cara kita siapkan syarat-syaratnya,” kata Kepala Dinas Pertanian Butur, Ir. Yusuf, M.A.P saat ditemui di kediamannya, Rabu (26/1/2022).

Yusuf membeberkan, tahun 2022 ini Dinas Pertanian tidak ada anggaran untuk bibit sapi, dikarenakan dirinya baru menjabat sebagai kepala dinas pertanian pada bulan Septembe 2021 yang lalu. sementara Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) itu dari bulan maret. Sehingga dia belum masuk pada perencanaan.

Karena prioritas pengembangan sapi itu hanya perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022, sedangkan program yang dilajalankan saat ini yang sudah direncanakan tahun 2021 yang lalu.

Yusuf mengaku Setela pengadaan sapi itu diusulkan kepada pihak Pemprov Sultra dan dikabulkan oleh Pemprov, dan akan disalurkan langsung bantuan sapi itu kepada masyarakat, yang sudah siap penangkaranya .

“Jadi itu harus siap, harus siap kelompok, harus siap kelembagaannya,” kata Yusuf yang juga Ketua Nahdlatul Ulama Kabupaten Butur.

Yusuf mengatakan saat ini dirinya sedang mengkampanyekan bahwa aset tidur di bawah pohon kelapa itu bisa diintensifkan dengan ternak sapi.

“Saya sudah bertemu beberapa kelompok di Labelete Kulisusu Utara, saya juga kemarin ke Jampaka, Lelamo dalam rangka itu, bahwa coba kita bangun kesepakatan, siapa yang buat kawat? Misalnya pemerintah desa atau masyarakat sendiri yang swadaya. Yang isi (Sapi) Pemerintah Provinsi atau dari Pusat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian Butur ini menegaskan, hanya memberikan bantuan bibit sapi kepada masyarakat kelompok peternak. Tapi Kata dia, bantuan bibit sapi nantinya akan disalurkan kepada kelompok peternak yang sudah siap penangkarannya saja, karena itu adalah salah satu syaratnya.

“Iya kelompok, tetap kelompok, tapi tentu yang siap penangkarannya,” kata dia.

baca juga: Tahapan Pilkades Serentak di Butur Akan Dimulai Bulan Februari 2022

Yusuf memberikan alasan terkait Penyediaan bibit sapi untuk diternakan di kabupaten Buton Utara karena potensi lahan yang tersedia masih luas.(*)

Comments are closed.