Peliput : Amirul

BATAUGA,BP-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 15 desa dari 60 desa di Buton Selatan telah dilaksanakan hari Selasa (5/12) lalu. Calon dari Incambent di Desa Gaya Baru Kecamatan Lapandewa dan di Desa Mokobeau Kecamatan Siompu Barat gagal kembali duduk menjadi kepala desa dikalahkan oleh pesaingnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPM) Busel, La Siambo mengatakan, pelaksanaan Pilkades yang menelan dana APBD Busel sebesar Rp 200 juta ini berlangsung sukses, aman, tertib dan terkendali. seluruh proses demokrasi sudah dilaksanakan termasuk perhitungan suara.

“semua berjalan aman, tertib dan kondusif. Tahapan pemilihan sudah selesai, saat ini sudah diketahui pemenangnya. informasinya, Dua incambent gagal,” ucap La Siambo saat ditemui Rabu (6/12)

Kata dia, dari 15 desa yang menggelar pesta demokrasi tingkat itu terdiri di lima kecamatan yakni, Sampolawa, Lapandewa, Kadatua, Siompu dan Siompu Barat

Lanjutnya, perhelatan Pilkades memperebutkan kursi kepala desa di Kecamatan Sampolawa yakni Desa Bahari III dimenangkan Tasman dengan perolehan suara 369. Di desa Bahari II dimenangkan La Hedi dengan suara 227 suara. Di desa Windu Makmur dan Desa Watiginanda, tetap dimenangkan incambent yakni Ludiman dengan 156 suara dan La Bani 245 suara. Kecuali perhelatan Pilkades di Desa Gaya Baru, Kecamatan Lapandewa, incambent gagal duduk kembali menjadi kepala desa
“Untuk di Kecamatan Lapandewa, Kades Lapandewa terpilih yakni Yahya dengan peolehan 467 suara. Kades Gaya Baru, Wa Aua 372 suara mengalahkan Harmanto Kades Incambent. di Desa Burangasi, La Hamirun terpilih kembali dengan suara 321 suara. sementara di Kecamatan Kadatua Pilkades Kaofe, Kepala desa incambent, Sumia menang telak dengan suara 272,” tuturnya

Sementara Pilkades di Kecamatan Siompu Barat, Kepala desa Kamoali, Musliadin (incambent) mengalahkan H La Saheru dengan selisih suara 59 Suara. Di Desa Mokobeau kepala desa incambent, La Muliadi gagal menjabat kembali dikarenakan hanya memperoleh 144 suara. Ia dikahkan Sutrisno dengan selisih 56 suara.

“Sementara Kecamatan Siompu Induk yakni Pilkades Lontoidimenangkan Zurays dengan 170 suara. Pilkadeades Waindawula, tetap dimenangkan Sudirman (incambent) dengan 258 saura. Calon Kades Lapara, Ruslan Siombiwi dan Muh Yamin kalah dengan Ismail (incambent) dengan suara 165 suara,” ujarnya

Dikatakannya, pasca pemungutan suara dan pemilihan ini, kepala desa terpilih akan membentuk penetapan panitia tingkat desa yang akan diusulkan ke Badan pemberdayaan Masyarakat Busel (BPM) dan selanjutnya diteruskan ke Bupati Busel Agus Feisal Hidayat S.Sos MSI untuk diterbitkan SK dan dikukuhkan dalam pelantikan.

“Pelantikan jika tidak ada hambatan insyaallah digelar April mendatang.Kita berharap kades terpilih bisa menjalankan amanah masyarakat dan dapat membantu menjalankan roda pemerintahan Kabupaten Busel khususnya di tingkat desa,” tukasnya (*)

Pin It on Pinterest