Peliput : Alyakin

PASARWAJO, BP – Effendi Kalimuddin SH MH adalah seorang yang berprofesi sebagai penegak hukum dan baru setahun menjadi seorang birokrat. Sebelum menjadi Plt Bupati Buton, Effendi bekerja sebagai kepala Biro Hukum Sekertariat Daerah (Setda) Provinsi Sulawesi tenggara.

Pada tahun 1998, Effendi mendapatkan penempatan tugas sebagai jaksa di Kejaksaan Negeri (Kejari) Baubau. Kemudian pada tahun 2009 sampai 2011, Effendi bertugas sebagai Kajari Kabupaten Aceh Utara, selanjutnya pada mendapatkan jabatan sebagai Asisten Kasi Intel Kejati.

Oktober 2015 Effendi Kalimuddin dilantik sebagai Kepala Biro Hukum Pemprov Sultra, genap setahun tepatnya bulan Oktober 2016 dilantik menjadi Plt Bupati Buton.

Ayah tiga orang anak ini, menempuh jalur Pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Kendari. Kemudian menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Toraja. Setelah lulus, Effendi melanjutkan sekolahnya diperguruan tinggi untuk mendapartkan SI di Jogyakarta, kemudian lulus dan melanjutkan S2 di Surabaya.

“Menjadi orang birokrat setahun sesungguhnya tidak ada kendala. Mainsetnya telah berubah, yang dulunya seorang penegak hukum, sekarang menjadi birokrat,” katanya.

Meski telah berubah haluan, namun Effendi mengaku merasa kesulitan dengan tugas yang diembannya saat ini. Sehingga dia optimis bisa membangun sinergitas yang baik kepada semua pihak.

“Alhamdulilah pengalaman-pengalaman itu sangat baik dan efektif bila diterapkan di pemerintahan. Paling tidak, masuk ke proses pekerja menjadikan sebuah proses perbandingan.” imbuhnya.

Menurutnya jabatannya saat ini sebagai Plt Bupati Buton, ibarat pulang kampung. Karena pernah menjalankan tugas sebagai jaksa yang pertama di Kejari Baubau.

Pria kelahiran Toraja 18 januari 1961 ini, memiliki seorang istri bernama Ulmi Mustiati Pidani. Dia memiliki seorang anak laki-laki, Dilan Aditia Kalimuddin yang baru saja menyelesaikan kuliahnya di UTS. Sementara, dua orang anak perempuannya Orysa Camalia Salsabila, sedang menempuh pendidikan di SMAN 4 Kendari kelas XII dan putri bungsunya Alisya Naila kelas 6 SD. (#)