Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP-Apa yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau dengan memanfaatkan hari Jumat selain untuk berolahraga dan bersih-bersih juga mempromosikan ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Kota Baubau mendapat apresiasi dari Plt Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse. Bahkan, saat jajaran Dishub Kota Baubau yang dipimpin Kadishub Abdul Karim, S.Pd, M.Si berolaraga di pelataran kasulana tombi masjid keraton Jumat (4/2/2022), orang nomor satu di Kota Baubau ini datang langsung menyaksikan dan memberikan arahan pada kegiatan Dishub tersebut.


Menurut La Ode Ahmad Monianse, kegiatan Dishub Kota Baubau ini sesungguhnya tidak hanya berlangsung di pelataran kasulana tombi masjid keraton pada Jumat (4/2/2022) saja melainkan dapat pula dilakukan di tempat-tempat lain seperti suatu saat nanti Kecamatan Sorawolio, Kecamatan Lea-Lea kawasan Batu Sori, serta Kelurahan Sulaa Kecamatan Betoambari. Hal ini dimaksudkan untuk menggalang dukungan masyarakat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang perlunya tertib berlalu lintas. Pasalnya, tanpa dukungan dari masyarakat maka apa yang direncanakan bersama termaksud visi dan misi Pemkot Baubau tidak akan bisa terwujudkan.
La Ode Ahmad Monianse meminta kepada Dishub Kota Baubau ataupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk melakukan percepatan karena visi dan misi almarhum Dr H AS Tamrin, MH masih banyak hal yang harus dituntaskan dan tersisa tinggal 19 bulan lagi.”Sehingga, kalau kita benar-benar mencintai beliau sebagai pemimpin maka kita harus bahu membahu mewujudkan cita-cita almarhum termaksud di Dishub yang relevan dengan visi dan misi yang masih butuh sentuhan yang kuat. Cita-cita saya adalah menyelesaikan tugas yang telah dijalankan oleh Almarhum Dr H AS Tamrin, MH sehingga beliau bisa tersenyum bangga disana karena meninggalkan generasi Baubau yang terus mengumandangkan semangantnya dan membangun kota ini sampai tuntas sebagaimana yang beliau harapkan,”ujarnya.
Dalam arahannya dihadapan jajaran Dishub Kota Baubau tersebut, La Ode Ahmad Monianse juga menyinggung soal vaksin anak sekolah 6-11 tahun belum sesuai dengan harapan. Dimana target di akhir Januari yang seharusnya sudah mencapai diatas angka 70 persen lebih namun ternyata hanya mencapai sekitar 43-44 persen. Sehingga, masih dibutuhkan kesadaran semua terutama jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Baubau sebab tidak sedikit anak-anak ASN yang tidak mau divaksin karena orang tuanya belum mengantar ataupun mengizinkan anaknya. Oleh sebab itu, pihaknya berharap dengan kesadaran sendiri agar ASN dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar anaknya dapat divaksin. “Karena ,biasanya ASN itu menjadi patron dan olehnya itu maka jadilah patron yang baik dengan memberikan dukungan kepada program pemerintah. karena vaksinasi itu bukan hanya tugas dinas kesehatan dan ;puskesmas tapi tugas kita semua sehingga diperlukan dukungan dari kita semua,”katanya.

baca juga: La Ode Ahmad Monianse : Pentingnya Peran Keluarga Jauhkan Anak Dari Pengaruh Narkoba
Diakhir arahannya, Plt Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, berharap kepada Dishub Kota Baubau agar membantu program-program pemerintah walaupun khusus di bidang perhubungan tetapi dengan gerakan-gerakan seperti ini bisa berkolaborasi dengan dinas lain untuk mempromosikan banyak hal termaksud pariwisata . Sebab, hari ini pariwsata Baubau harus dibangkitkan sehingga benar-benar menjadi penopang dan penggerak perekonomian daerah. Karena, sesungguhnya Baubau punya potensi yang besar dan punya harapan besar di sektor ini. Oleh sebab itu, tidak boleh dipikirkan setengah-setengah harus secara serius sehingga benar-benar pariwisata bisa diandalkan sebagai pengungkit perekonomian daerah.(**)