• La Ode Ahmad Monianse (LAM): Bila Pompa Mesin Baru di Baadia Rusak, PDAM Jangan Mau Lakukan Serah Terima

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Berkembang Isu beredar di Masyarakat bahwa karyawan PDAM Kota Baubau sudah tiga bulan tidak menerima gaji. Keluhan itu akhirnya coba dikonfirmasi dari beberapa karyawan lapangan PDAM Baubau yang tidak ingin disebut namanya mengakui bahwa memang mereka belum menerima gaji untuk November 2021- Januari 2022.

Biasanya, PDAM Baubau itu memberikan gaji bulanan setiap tanggal 20, “Bulan Januari 2021 kami sudah mendengar akan segera dibayarkan. jadi kami menggu sampai tanggal 20 dan setelah tiba waktunya rupanya masih belum dibayarkan,” katanya.

Plt Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse

Plt Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse (LAM) ketika dikonfirmasi masalah tunggakan gaji PDAM Kota Baubau kepada karyawannya selama tiga bulan mengaku belum mendapatkan laporan terkait masalah itu, “Saya belum dapat laporan masalah itu. Kalau pun memang benar PDAM sudah tiga bulan tidak membayar gaji karyawannya maka saya katakan itu sangat keterlaluan,” katanya, Senin (31/01/2022), ketika dikonfirmasi Baubau Post, di Kantor Walikota Baubau.

Selain mengkonfirmasi masalah tunggakan gaji kepada karyawannya, media ini juga menanyakan soal pengadaan mesin pompa air yang berada di Baadia yang merupakan pengadaan tahun 2020 namun belum dapat diserahterimakan dari Dinas PUPR Baubau ke pihak PDAM Baubau hingga saat ini dengan alasan rusak , Plt Walikota Baubau LAM mengatakan itu juga belum ada laporannya dari pihak PDAM Baubau maupun dari pihak Dinas PUPR Kota Baubau.

Meski pun begitu, Plt Walikota Baubau LAM menegaskan bahwa bila memang keadaan mesin rusak maka pihak PDAM Baubau jangan mau menerima serima terima barang dari pekerjaan pengadaan mesin pompa air.

“Saya minta kepada PDAM Baubau bila memang kondisi mesin masih rusak jangan mau lakukan serah terima agar tidak menjadi beban daerah dan beban perusahaan. Nanti kita akan panggil pihak PUPR gimana menyelesaikan masalah pompa mesin yang di Baadia itu. Apalagi memang kapasitasnya besar yaitu 75 KW yang bisa memproduksi debit air 20 liter per detik,” (**)