• Kepsek Mucadi: Kami Masih Menyesuaikan Dengan Keadaan Covid-19, Pekan Depan Insya Allah Sudah Berjalan

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Plt Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse (LAM) terus menegakan kedisiplinan, tidak hanya lingkup PNS Kota Baubau tapi juga di sekolah-sekolah yang ada di Kota Baubau yang masih dalam gawaian Pemkot Baubau yaitu tingkat sekolah dasar (SD) dan tingkat sekolah menengah pertama (SMP).

Plt Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse

Kekonsistenan LAM mengekan disiplin di sekolah-sekolah terliat sejak dia ditunjuk sebagai Plt Walikota Baubau, LAM rupanya mengunjungi sekolah-sekolah untuk melihat apakah mereka melakukan upacara tiap hari senin dan apel setiap pagi. Kunjungannya di SMPN 2 Baubau, Senin (31/01/2022), sekitar pukul 07.00 WITA untuk melihat langsung apakah pihak sekolah sudah menjalankan upacara dan apel pagi atau belum.

“Ini sudah kedua kalinya saya datang di sekolah ini pagi hari untuk melihat langsung apakah sekolah sudah melaksanakan upacara dan apel pagi. Rupanya SMPN 2 Baubau belum melaksanakan upacara dan apel pagi. Ini sudah dua minggu saya datang berkunjung, mereka belum melaksanakan itu,” ucap LAM ketika ditemui saat berkunjung di SMPN 2 Baubau.

Usai berbincang di depan sekolah bersama guru dan kepala sekolah, LAM kembali menegaskan agar pihak sekolah melaksanakan upacara setiap senin dan apel pagi. “Semua sekolah saya himbau agar melaksanakan upacara dan apel pagi. Bukan hanya SMPN 2 Baubau saja. Karena Upacara dan apel pagi itu selain mengecek disiplin kehadiran pelajar juga ada pesan-pesan moral kepada siswa dalam kegiatan itu,” jelas LAM.

Kepala Sekolah SMPN 2 Baubau Mucadi yang ditemui disekolahnya mengakui hingga saat ini sekolahnya memang belum melaksanakan upacara dan apel lagi dengan alasan masih menyesuikan dengan kondisi pandemi Covid-19. Meski begitu, Mucadi mengatakan sebenarnya saat ini pihak sekolah sedang merancang pelaksanaan upacara dan apel pagi sebagaimana himbauan Plt Walikota Baubau LAM.

Kepala Sekolah SMPN 2 Baubau Mucadi

“Kami memang belum melaksanakan upacara dan apel pagi karena kami masih menyesuikan dengan situasi covid saat ini. Sebagaimana di ketahui sekolah menerapkan tiga gelombang untuk masuk sekolah dalam pelaksanakan pertemuan tatap muka (PTM), tujuannya agar siswa yang masuk dan yang pulang tidak saling bertemu. Berdasarkan himbauan dari Pak Walikota kami sedang merancang agar apel dan upacara itu bisa segera kami laksanakan. Karena lapangan disekolah ini kecil maka harus kita pikirkan bagaimana agar dalam pelaksanaan upacara dan apel itu siswa tidak saling berdempetan,” tuturnya.

baca juga: Plt Walikota LAM: Pemkot Baubau Siap Jalankan Sistem Elektronifikasi

Mucadi mengatakan untuk upacara, pekan depan sudah bisa dilaksanakan oleh sekolah, “begitu juga dengan apel pagi. Selama ini meskipun kami belum melaksanakan apel, tapi setiap ada pergantian guru di kelas, setiap guru selalu menyampaikan pesan-pesan moral kepada anak didik. Setiap guru wajib menyampaikan itu sebagai pengganti belum dilaksanakannya apel pagi,” tuturnya. (***)

Comments are closed.