Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Pemerintah Kota Baubau melaksanakan rapat bersama sejumlah instansi terkait dalam rangka memaksimalkan percepatan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Plt Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse (LAM) bertempat di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, Rabu (19/01).

Plt Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse

LAM saat ditemui awak media mengatakan dalam rapat tersebut pihaknya telah menyepakati beberapa hal antara lain, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan mengundang seluruh kepala sekolah dan pengurus komite untuk membahas penjadwalan vaksinasi kepada anak dan akan dihadiri oleh Forkopimda serta dokter anak.

” Kalau ada pertanyaan-pertanyaan mengenai vaksin anak nantinya akan dijelaskan bersama-sama oleh dokter,” ujarnya.

Selain itu, hasil rapat tersebut juga membahas pembagian tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membantu Dinas Kesehatan dalam percepatan vaksinasi, pasalnya target vaksinasi untuk usia 6 hingga 11 tahun mencapai angka sekitar 11 ribu anak.

” Kami sudah menyepakati dan akan bekerja keras dengan 39 tim vaksinator, tiga tim dari Polres sisanya dari pemerintah kota dan Kodim dan kita targetkan di tanggal 31 Januari itu tuntas untuk pemberian dosis I,” ungkapnya.

Lanjut, Monianse jenis vaksin yang akan diberikan adalah sinovac dan stok yang dimiliki oleh Pemkot untuk jenis tersebut saat ini berjumlah 26 ribu dosis.

baca juga: Tahun 2021, BPJS Ketenagakerjaan Bayar Klaim Pesertanya Hingga 31 Miliyar, Bobby Harun: Klaim JHT Merupakan yang Terbanyak

Untuk menghindari penolakan pemberian vaksin kepada anak, Pemkot terus melakukan edukasi kepada masyarakat dengan menghadirkan dokter anak disetiap sosialisasinya. Ia pun optimis akan kesadaran orang tua dalam melindungi anaknya dari Covid-19. (*)

Comments are closed.