Laporan: Prasetyo M

BAUBAU, BP-Pelaksana tugas (Plt.) Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, Ahad (6/2/2022) telah menghadiri acara ritual adat Bongkaana Lipu, yang diselenggarakan di kawasan khusus situs budaya masyarakat Lipu (Makam Mancuana Parabela) Jalan raya Palagimata.


“Saya hadir diacara ritual adat Bongkaana Lipu ini dengan senang hati, karena ini juga merupakan sebuah kebanggaan buat saya, dan Alhamdulillah pada ritual adat tahun lalu saya juga sempat hadir,” ujar La Ode Ahmad Monianse dalam sepatah katanya.
Orang nomor satu di Kota Baubau ini menambahkan, ritual adat merupakan salah satu wadah untuk merekatkan tali persaudaraan. Untuk itu pihaknya menekankan, agar ritual adat tersebut tetap dijaga, dipelihara, dan dilestarikan sehingga tidak hilang seiring berkembangnya zaman.
“Saya kira ritual adat harus tetap kita jaga dan pelihara, karena ini juga merupakan salah satu wadah untuk merekatkan dan memperkuat tali persaudaraan. Dan melalui momentum seperti ini, kita bisa memupuk nilai-nilai kebersamaan dan kekompakan,” imbuhnya.
La Ode Ahmad Monianse juga mengajak seluruh masyarakat Kelurahan Lipu khususnya dan Kota Baubau pada umumnya, untuk tidak bercerai berai serta selalu menjaga kedamaian dan keharmonisan. Selain itu, pihaknya juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah dihasut.

baca juga: Seluruh Anggota Polres Baubau Bakal Menerima Vaksin Booster
“Saya sangat berterima kasih kepada Parabela karena suda mengundang saya, dan di momen-momen lain yang tidak bertepatan dengan kegiatan lain Insya Allah saya juga akan hadir. Yang terpenting adalah mari kita jaga silaturahmi, agar kedamaian dan keharmonisan selalu tercipta di daerah kita ini,” pungkasnya.(**)