Peliput Alyakin Editor: Hengki TA

PASARWAJO, BP – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Buton, terbitkan 400 izin usaha mikro dan makro.

Kepala PMPTSP, LM Muharam saat ketika ditemui beberapa awak media, Selasa (19/12) mengatakan, dari 400 izin usaha yang dikeluarkan, masih akan bertambah sebelum tutup buku.

Menurutnya, keinginan masyarakat Buton, dalam hal ini pemilik usaha makro maupun mikro mengalami peningkatan setiap tahunnya, untuk menunaikan kewajibannya mengurus izin usaha.

“Pada akhir tahun ini, yang dominan mengurus izin usaha berasal dari usaha mikro, seperti usaha toko/warung, apotek, usaha batako dan lain-lainnya,” katanya

Lanjutnya, izin usaha yang dikeluarkan tersebut seimbang dengan Pendapatan Asli Aaerah (PAD) yang masuk ke kas Daerah, karena sampai dengan November 2017 ini saja telah meraup pendapatan sebesar Rp 900 juta, dari target Rp 350 juta. “Masyarakat yang mengurus izin tersebar di setiap Kecamatan,” ujarnya

Selain itu, pihaknya tidak hanya melayani masyarakat yang mengurus izin usaha baru, melainkan perpanjangan izin dan kehilangan IUP dan dalam kepengurusan izin usaha tidak begitu lama. Sehingga pada tutup buku nanti, bisa meraup pendapatan mencapai Rp 1 miliar untuk meningkatkan perekonomian Daerah.

Sesuai standar operasional (SOP) izin usaha diselesaikan dalam waktu 7 hari, namun bisa juga keluar dalam waktu satu hari dan biaya yang dikeluarkan untuk setiap tempat usaha dihitung berdasarkan luas tempat usaha, sesuai Peraturan Daerah (Perda) setempat. “Biaya tersebut disetor ke Bank terkait, pemohon hanya menyetor slip ke Dinas PMPTSP,” tutupnya.

Pin It on Pinterest