Peliput: Abidin – Editor : Fardin Js

BAUBAU, BP – Polsek KP3 Pelabuhan Murhum Kota Baubau berhasil menggagalkan penyelundupan bahan peledak (Handak), Rabu(19/04).

Kapolsek KP3 IPTU Pradifta Simanjuntak SIk, saat dikonfirmasi, mengatakan, Pihaknya berhasil mengamankan handak jenis Pupuk Amonium Nitrat sebanyak 10 Kilogram yang hendak dinaikan ke atas Kapal KM Dorolonda oleh salah seorang pria AR(30). Menurut informasi, pupuk tersebut akan digunakan sebagai bahan pengeboman ikan di Ternate.

Kata dia, awalnya sejumlah anggota kepolisian Polsek KP3 melakukan pengamanan di dalam area pelabuhan dan mencurigai gerak-gerik salah seorang pria yang membawa tas. Dengan sigap polisi langsung melakukan pemeriksaan terhadap tersangka dan mendapati pupuk Amonium Nitrat.

“Kami akan selalu meningkatkan pengamanan semaksimal mungkin atas upaya para pelaku yang mencoba menyeludupkan barang-barang terlarang diwilayah hukum Polres Baubau,” tegasnya

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 60 ayat 1 Jo pasal 37 ayat 1 no 12 Tahun 1992 tentang sistem daya tanaman dan pasal 1 ayat 1 UU DRT No12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman 10 tahun pejara. (#)