BAUBAU, BP – Polres Baubau sudah bergerak mendata setiap masyarakat terdampak covid-19 yang belum menerima bantuan sosial dari pemerintah. Kemudian akan segera diberikan bantuan 10 ton beras bantuan dari Polri.

Polsek-polsek di bawah jajaran Mapolres Baubau sudah menggerakkan Bhabinkamtibmas masing-masing untuk mendata langsung masyarakat di kelurahan.

Sementara beras-beras yang bakal dibagikan sedang dikumpulkan untuk segera menyalurkan beras kepada masyarakat terdampak corona. Sasarannya masyarakat yang belum mendapat bantuan sosial (Bansos) dan itu jelas dalam instruksi Kapolri Jendral Pol Idham Aziz beberapa waktu lalu.

Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari melalui selulernya Minggu, (26/04) menjelaskan pihaknya sudah menindaklanjuti instruksi Kapolri soal penyaluran bantuan 10 ton beras tersebut dengan menggerakan bhabinkamtibmas untuk mendata. Saat ini pihaknya tengah menunggu data itu.

“Kita sedang mengumpulkan beras yang akan kita bagikan kepada masyarakat. Sementara bhabinkamtibmas sedang mendata masyarakat perlu mendapatkan bansos tersebut,” ungkapnya.

Kata Kapolres, penyaluran 10 ton beras tersebut diperkirakan akan dilaksanakan secepat mungkin agar masyarakat dapat menikmati langsung bantuan yang diberikan.

“Actionya mungkin diperkirakan sesegera mungkin, bilamana dibutuhkan,” ungkapnya.

Pihaknya sebelumnya sudah membagikan paket sembako kepada masyarakat miskin terdampak covid-19. Ia memastikan akan memprioritaskan bantuan tersebut kepada masyarakat terdampak corona yang hingga kini belum mendapat bantuan sosial.

“Kita prioritaskan yang belum menerima bantuan,” pungkas Kapolres.

Sebelumnya dalam conferensi video pada Kamis (23/04) bersama seluruh jajaran se Indonesia, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memberikan instruksi kepada 500 Polres untuk bergerak mendata warga yang belum terdata mendapatkan bantuan sosial dari Pemerintah. Kemudian segera menyiapkan 10 Ton beras dan bahan pokok lainnya untuk segera disalurkan kepada masyarakat terdampak covid-19.

“Seluruh Polres menyiagakan 10 ton beras dan sembako lain untuk bisa segera disalurkan bagi masyarakat yang belum sempat mendapatkan bansos. Dana kontinjensi dari Mabes Polri siap dikucurkan ke tiap-tiap Polres untuk membeli beras dan bahan pokok tersebut,” jelas Kapolri Idham seperti dilansir RRI. (*)

Peliput: Asmaddin

Pin It on Pinterest