Peliput: Alamsyah Pradipta Editor : Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP – Dalam rangka mengamankan Pilkada serentak 2017, Polres Baubau mengadakan latihan untuk mengantispasi kajadian yang tidak di inginkan dalam proses tahapan.

Kapolres Baubau AKBP Suryo Aji SIK kepada Baubau Post disela sela simulasi yang di pusatkan di Lapangan Lembah Hijau Kota Baubau kamis (20/10) mengatakan, simulasi yang digelar, untuk mengantisipasi adanya gangguan dalam Pilkada yang masuk dalam wilayah hukum Polres Baubau.

“Latihan ini kami sudah hari kedua, kami adakan latihan ini untuk fokus pengamanan saat pilkada nanti, khususnya Buton Tengah. Latihan ini bertujuan untuk antisipasi ancaman apa saja yang akan nantinya terjadi nanti saat Pilkada nanti. Kami menurunkan dua pertiga anggota Polres untuk mengamankan Pilkada nanti,” ungkapnya.

Dalam simulasi, pasukannya pengamanan diajarkan banyak simulasi, mulai dari saat antisipasi konflik hingga negosiasi. “Kami mengajarkan kepada anggota banyak tahapan-tahapan kemungkinan saat pilkada. Saat pengamanan nanti, selalu ada tahapan dari saat konflik, cara mengamankannya, dan cara negosiasi. Jika itu tidak menemui hasil, maka akan ada tahapan berikutnya,” tegasnya.

Suryo mengimbau semua element masyarakat agar bekerja sama dalam pengamanan pilkada, dari saat awal dan akhir pilkada nanti. Sehingga situasi diwilayah menjadi kondusif baik saat Pilkada maupun pasca Pilkada.

“Mari kita jaga bersama keamanan pilkada nanti, mulai dari tahapan awal, saat pelaksanan pemilihan suara, hingga sampai ditetapkan sebagai bupati terpilih nantinya, mari kita menjaga agar pilkada ini menjadi aman,” tutupnya.(#)