Peliput:Alyakin

PASARWAJO, BP – Sebanyak 343 personil Polres Buton ditambah dengan litmas sebanyak 686 personil, diturunkan dalam memberikan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 mendatang di Kabupaten Buton dan Buton Selatan (Busel).

Kapolres Buton, AKBP Andi Herman Sik ditemui Baubau Post di ruang kerjanya pekan lalu mengatakan, anggota PAM TPS di Kabupaten Buton dan Busel sudah siap. Selain itu untuk menciptakan pengamanan, Polres Buton terapkan pengamanan rawan satu dengan pola satu dua, dimana satu polisi dan dua litmas yang menjaga keamanannya di setiap TPS.

“Sebanyak 343 jumlah TPS di Kabupaten Buton dan Busel, kita siapakan 343 dari Polri ditambah 686 Litmas yang melaksanakan PAM TPS,” kata Andi Herman

Karena anggota Polres Buton terbatas dalam pelaksanaan pengamanan TPS di dua Kabupaten tersebut, sehingga Kapolres Buton memintah bantuan dari BKO Polda Sulawesi Tenggara. Anggota kepolisian dari Polres Buton beserta jajaran Polsek yang berada diwilayah hukumnya.

“Sebanyak 195 anggota personil dan Bantuan dari BKO Polda Sulawesi Tenggara sebanyak 149 personil yang disiapkan untuk pengamanan PAM TPS di Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan pada pilkada 2017 mendatang,” tuturnya

Selian itu, Andi Herman selaku penanggung jawab pengaman di wilyah hukum Kabupaten Buton dan Busel, ia menghimbau kepada masyarakat agar datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya untuk memilih calon pemimpin lima tahun kedepan. “Jangan ada yang golput silakan menentukan hak pilihnya dan bebas memilih mau pilih yang mana,” jelasnya.

Untuk Busel, memiliki empat calon kandidat, sedangkan masa kampanye sudah mau berakhir. Selama 100 hari kampanye, masyarakat sudah bisa menilai yang mana dapat pemimpin serta memiliki visi dan misi untuk membangun daerah kedepan.

“Masyarakat bebas memilih dengan hari nurani dan jangan mau menggaidakan nasib daerah dengan menjual suara 50 ribu dan 100 ribu lantas tidak ada kemudian golput atau tidak memilih sama sekali ,” tutupnya (*)

Pin It on Pinterest