Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP– Polsek Wolio melakukan terobosan baru untuk mendidik pengalaman agama dan melakukan pembinaan kepada para tahanan yang ada di tahan oleh Polsek Wolio, dengan melakukan pengajian rutin setiap hari Jum’at, dan berzikir Besar.

Tahanan Polsek Wolio Baubau Lakukan Dzikir


Ketika di konfirmasi oleh media. Kapolsek Wolio AKP Abdul Halim Kaonga, SH. Mengatakan “Kami sudah selama 4 bulan, melakukan pengajian di Polsek Wolio, dengan melibatkan semua tahanan yang ada” tuturnya,.
Kapolsek Wolio mengatakan, di mana adanya pengajian Yasinan dan dzikir besar langsung di areal dalam penjara bersama tahanan, dan di pimpin langsung oleh Kapolsek Wolio, kami memberikan beberapa kesepakatan dengan para tahanan agar mau mengikuti pengajian tersebut.
“Karena kondisi saat ini sedang covid – 19, dan tidak banyak aktivitas di Polsek termasuk kunjungan keluarga oleh para tahanan, maka tawaran kami kepada tahanan yang mau mengikuti, sholat berjamaah dan pengajian setiap malam jumat” ungkapnya.
Kami akan memberikan kebebasan kepada tahanan bersyarat, ungkap Kapolsek Wolio, setiap hari jumat mulai dari habis sebelum shalat dhuhur sampai setelah sholat isya, tahanan boleh sholat bersama di areal sel.
“Bagi tahanan yang rutin mengikuti pengajian dan dzikir akbar serta bisa mengubah sikapnya, maka akan kami izinkan untuk bisa bertemu dengan keluarganya di ruang tersendiri untuk berbincang-bincang, masih di salah satu ruangan dalam Polsek Wolio” jelasnya.
Dari hasil pengajian ini, Jelas Kapolsek, sudah ada sekitar 10 tahanan yang telah keluar setelah masa putusan pengadilan dan menjalani tahanan selesai, selalu datang di Polsek Wolio untuk melaporkan diri bahwa mereka telah keluar dari penjara.
Ia menambahkan, pengakuan mereka tentang bagaimana pengalaman mereka selama mengikuti binaan Pengajian rutin setiap malam Jum’at, yang mampu mengubah pola pikir dan sikap mereka yang selama ini salah, mereka pun memberi gelar Polsek Wolio sebagai rumah tahanan yang nyaman, karena mereka di bina dengan baik saat di tahan di Polsek Wolio.
“Terkadang saya juga menanyakan kabar mereka setelah keluar dari tahanan tentang sholat mereka dan perbuatan mereka yang alhamdulillah telah berubah, kadang saya berpesan kepada mereka agar tidak lagi melakukan tindak kejahatan. Bahkan saya ingatkan untuk tanamkan dalam diri agar tidak mengulangi perbuatan tersebut” ungkapnya.
Pesan Kapolsek, Jadikan masa tahanan yang lalu, menjadi perbuatan yang pertama dan yang terakhir, untuk tidak melakukan perbuatan yang sama dalam merugikan orang lain.

baca juga: Peringati 2 Tahun Randy dan Yusuf, Polres Baubau dan Sejumlah Elemen Mahasiswa Gelar Doa Bersama
“Bila saya ketemu para mantan tahanan di jalan, saya selalu bertanya bagaimana tentang sholat mereka, pengajian mereka, dan kehidupan mereka sekarang. Bahkan mereka sudah memiliki pekerjaan lain selain dari pekerjaan kejahatan yang lalu” ucapnya.(***)

One thought on “Polsek Wolio Lakukan Pembinaan Terhadap Tahanan dengan Melakukan Yasinan dan Dzikir Tiap Jumat”

Comments are closed.