PASARWAJO, BP – Satuan Gugus Tugas (Satgas) penanganan percepatan penularan Covid-19 Kabupaten Buton siap menerima pengaduan masyarakat, dengan menyediakan anggota TNI Polri, Tenaga Kesehatan, serta instansi terkait lainnya. Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Buton Laode Zilfar Djafar kepada awak media saat melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan skala besar bersama Polres Buton, Selasa (31/03) di Pasarwajo.

Kata dia, posko yang sudah dibangun dan sudah bersiaga dan beberapa hari terakhir ini sudah melakukan pemantauan terhadap masyarakat yang keluar masuk di wilayah Kabupaten Buton.

“Itu dilakukan sebagai langkah pencegahan dengan memantau dan mengidentifikasi warga yang keluar masuk di wilayah Kabupaten Buton, khususnya warga yang usai bepergian di daerah-daerah yang terinfeksi Corona,” katanya.

Tidak hanya mengidentifikasi masyarakat keluar dan masuk di Buton, Posko itu juga digunakan sebagai ruang masyarakat yang datang mengadu apa. Kompentensi dan keahlian petugas yang siaga di Posko tersebut, semampunya akan memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Sejumlah posko itu juga kita jadikan tempat pengaduan bagi masyarakat, serta semua Puskesmas dijadikan sebagai tempat pelayanan,” jelasnya.

Dikatakan, segala upaya telah dilakukan Pemda dan TNI Polri guna mencegah masuknya pandemi corona masuk di Kabupaten Buton.

Di lokasi yang sama Kapolres Buton AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga mengatakan, upaya pencegahan dengan penyemprotkan cairan disinfektan dengan skala besar disejumlah ruas-ruas jalan utama Pasarwajo, pasar-pasar dan tempat pelayanan publik lainnya, dilakukan tidak lain untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Virus Corona, sehingga menurutnya diperlukan gerakan preventif secara masif dan serentak.

“Upaya pencegahan itu kita lakukan dengan menyemprotkan cairan disinfektan menggunakan mobil watercanon,” pungkasnya.

Sekedar informasi, penyemprotan yang sudah dilakukan itu dimulai dari Polres Buton, Jalan Dualima, ruas jalan seputaran Tugu Aspal, jalan Protokol dan ruas-ruas jalan di Kota Pasarwajo. Selain itu penyemprotan dilakukan di pusat-pusat keramaian seperti Letter Buton, Tugu Nenas, dan Kali Lakua (Kali Biru) termasuk Pasar Sabho, dan Pasar Kaloko. Tempat-tempat pelayanan umum juga disemprot seperti BNI, BRI, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasarwajo.

Peliput: Asmaddin

Pin It on Pinterest