Laporan: Amat Jr

BAUBAU, BP- La Topu, Pria parubaya berusia 70 tahun ditemukan meninggal dunia di gubuknya di Lingkungan Wamembe, Kelurahan Kantalai, Kecamatan Lea-lea, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (331/05/2022)

Kapolsek Bungi IPDA La Ode Astar mengungkapkan La Topi tinggal sorang diri tidak memiliki anak dan istrinya pun sudah lama meninggal dunia. Sementara keluarga dekatnya sedang merantau di Irian.

“Sang kakek meninggal dalam keadaan wajar. Didiga dia meninggal sekitar tiga hari lalu. dari olah TKP yang bersangkutan meninggal karena penyakit yang dediritanya selama ini yaitu asam urat dan juga da diabetes,” tuturnya.

IPDA La Ode Astar pun menceritakan kronologis penemuan mayat La Topu bermula
dari kecurigaan warga setempat bernama La awi melihat rumah milik La Topu tertutup sudah dua hari.

“Tidak aktifitas dirumah itu sudah dua hari. Lalu La Awi memberi tahu tetanganya untuk mengecek rumah tersebut dan ternyata terkunci dari dalam dan akhirnya didobrak masuk. Dia pun kaget karena ternyata korban sudah meninggal dunia di dalam rumah,” ungkap La Ode Astar.

Karena Almarhum La Topu tinggal seorang diri hingga akhirnya tidak ada yang mengetahui kalau dia meninggal karena sakit. La Alwi yang mencium bau tidak sedap ketika berada dekat rumah duka mencurigai ada hal yang tidak wajar lalu menyampaikan kepada warga sekitar.

baca juga: Cuaca Buruk Ganggu Jarak Pandang Pilot, Pesawat Wings Air Sempat Batal Mendarat di Bandara Betoambari Baubau

Dari pihak keluarga La Topu sudah membuat surat pernyataan tidak akan melakukan visum ataupun autopsi kepada almarhum La Topu. “Mayatnya ketika itu langsung dikebumikan. Karena keluarga sudah yakin tidak ada tindakan kriminal dalam kasus ini sehingga tidak dilakukan visum sesuai dengan surat pernyataan keluarga,” ucapnya. (**)