Peliput: Hengki TA

BAUBAU, BP – Dalam program Kecamatan sayang ibu, yang bekerja sama dengan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Permpuan (BKB PP), Pembinaan Kesejateraan Keluarga (PKK) Kota Baubau raih juara satu tinggkat Provinsi.
Kepala BKB PP, La Ode Darussalam mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak, yang diikuti 17 Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tenggara. Untuk Kota Baubau sendiri, diwakili Kelurahan Karing-karing Kecamatan Bungi.
“Tahun ini Kota Baubau menjadi juara satu, dimana pada tahun sebelumnnya Kota Baubau hanya meraih juara dua,” jelasnya.
Dari 11 indikator yang dinilai langsung dari Provinsi, melihat kepedulian ibu hamil dan anak pada setiap kecamatan. Kelurahan Ngkaring-karing telah memiliki ambulance Desa, baik mobil angkot, motor atau sepeda yang digunakam untuk masyrakat.
“Kelurahan Karing-karing juga memiliki rumah singgah, apabila seorang ada ibu sakit pada waktu tengah malam, dari segi administrasinnya kami sangat baik sehingga kita mendapatkan juara satu,” tuturnya.
Untuk kedepan, kelurahan Ngkaring-karing Kecamatan Bungi akan mewakili Sulawesi Tenggara untuk ke tingkat nasional. Pada tanggal 22 Desember, Camat Bungi, H La Hamedi SSos akan mewakili Kota Baubau untuk mengikuti upacara hari ibu.
Selain itu, Kota Baubau meraih juara dua Lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat provinsi, yang diwakili oleh Kelurahan Waborobo Kecamatan Betoambari. Program tersebut diadakan untuk kelurahan dengan tingkat pendapatan ekonomi rendah, terutama pada perempuan.
“Kita hanya meraih juara dua, sedangkan yang meraih juara satu dari Konawe Kepulauan, dan juara tiga diraih oleh Kabupaten Kolaka,” jelasnya.
Untuk P2WKSS itu sendiri, dengan melibatkan seluruh Dinas yang ada di Kota Baubau, dalam melaksanakan pembinaan di Kelurahan Waborobo, sebab untuk memajukan tingkat kelurahan yang memliki ekonomi rendah harus melibatkan semua instansi termasuk Instansi vertikal dan perbankan.
“Sebelumnnya kita hannya meraih harapan, juara tiga dan sekarang kira raih juara dua, untuk kedepannya kita akan selalu meningkatkan progres,” tutupnya.(*)