Peliput: Prasetio M Editor: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Program SMS Gateaway dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau kini mulai dioperasikan. Dalam SMS Gateaway, penerima SMS memperoleh informasi mengenai cuaca terkini di Kota Baubau.

Kepala BPBD Kota Baubau, Muslimin Hibali saat dihubungi Minggu (14/01) mengatakan, sesuai dengan rencana, pengoperasian program SMS Gateaway akan dilaksanakan mulai bulan ini. Sebelumnya BPBD telah melakukan uji coba program ini.

“Sudah dilaksanakan mulai hari kamis kemarin dan mulai disebarkan kepada sejumlah relawan,” kata Muslimin.

Dikatakan, penerima SMS Gateaway terdiri dari relawan yang tersebar di 43 kelurahan di Kota Baubau, instansi vertikal dan pihak keamanan. Jumlah keseluruhan nomor yang didaftarkan untuk menerima SMS Gateaway berjumlah 444 nomor. Setiap hari nomor tersebut akan menerima informasi perkembangan cuaca yang ada di Sulawesi Tenggara, khususnya Kota Baubau.

Informasi yang akan dikirim ke nomor para relawan berupa SMS tentang keadaan cuaca seperti, angin, curah hujan, gelombang laut dan informasi jika terjadi bencana yang berpotensi tsunami. Pihaknya berharap, agar relawan yang nomornya telah didata tidak lagi mengganti nomor selulernya. Sehingga mempermudah penyampaian informasi. (*)

Pin It on Pinterest