Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Penyelesaian proyek drainase yang tengah dikerjakan di Jl Husni Tamrin, tepatnya di simpangan empat lapangan lembah hijau berpotensi tidak sesuai kontrak. Sehingga, pelaksana proyek tercancam di “Balck List” oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Kepala Dinas PUPR, Abdul Rahim kepada Baubau Post saat ditemui di Kantor DPRD Kota Baubau kemarin mengatakan, kendala dalam pengerjaan proyek karena musim hujan, sehingga selalu terdapat genangan air dalam galian drainase. Meski begitu, proyek harus tetap dikerjakan karena menyangkut kepentingan masyarakat.

“Air tergenang terus, sehingga harus terus dipompa, dan dalam pelaksanaannya tidak selesai, olehnya kami tegur dan beri perpanjangan waktu tentu didenda, dan kalau sampai perpanjangan juga tidak bisa selesai maka di black list. Yang pasti, kami tidak mau lakukan justifikasi adanya perbedaan lebih tinggi realisasi keuangan dengan realisasi fisik,” ungkapnya.

Sebelumnya, pihaknya telah memberikan peringatan kepada pelaksana proyek, agar dipastikan pengerjaan proyek dapat dilaksanakan atau tidak. Namun proyek tetap dilaksanakan dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu.

“Kami mewanti-wanti apakah proyek ini bisa tidak dilaksanakan dalam waktu singkat atau tidak, kalau bisa maka dilanjutkan, kalau tidak maka jangan dikerjakan,” katanya.

Proyek yang berjalan sejak desember 2016 dengan batas waktu hingga februari 2017 ini, waktu pengerjaannya cukup singkat. Selain itu, proyek ini juga tidak dimasukkan dalam dalam daftar, karena berpotensi mengganggu lalu lintas jalan.

“Dalam perkembangannya terjadi banjir diseputaran Bataraguru apabila hujan, olehnya kami berfikir untuk atasi secepatnya apapun risikonya. Namun memang dalam membangun tentu ada saja akses negatif seperti terganggunya kenyamanan masyarakat,” ujarnya.

Saat ini progresnya sudah mencapai 50 persen dengan volume pengerjaan sepanjang enam meter dengan memotong salah satu ruas jalan menuju Masjid Bataraguru. Pihaknya berharap, pelaksana proyek dapat bekerja dengan maksimal dan dalam waktu singkat dapat selesai. (**)

Pin It on Pinterest