– Samsul Bahri: Gunakan Pendekatan Persuasif

Peliput: Alamsyah Pradipta Editor: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), akan segera memindahkan aktivitas pembuatan kapal yang dilakukan oleh PT Link Boat dari Pantai Lakeba ke Kelurahan Warumusio. CV Link Boat menyalahi aturan, karena Pantai Lakeba bukan area industri, melainkan tempat wisata.
Kasatpol PP, Drs Samsul Bahri MSi mengatakan, Kelurahan Warumusio merupakan lokasi yang tepat untuk industri pembuatan kapal. Dampak kerusakan lingkungan laut yang ada di Pantai Lakeba, menjadi salah satu alasan dipindahkannya perusahaan kapal fiber ini.
“Nanti perusahaan ini akan dipindahkan ke warumusio yang memang sesuai tempatnya, karena kalau di Pantai Lakeba dapat menggangu ekosistem yang ada disana, sehingga dalam dekat ini kami akan memangil pihak terkait untuk menyelesaikan masalah ini,” ungkapnya, jumat (25/11).
Syamsul menambahkan, dalam proses pemindahan pihaknya bersama instansi terkait, akan melakukan tindakan persuasif atau kekeluargaan kepada pihak PT Link Boat, agar proses pemindahannya lebih mudah, dan menghindari adanya potensi konflik.
“Kami akan langsung berbicara kepada PT Link Boat, kami akan beritahu dan bimbing mereka agar paham seperti apa lokasi yang diperuntuhkan untuk pembuatan kapal,” tuturnya
Mantan Kepala Kesbangpol Kota Baubau ini mengharapkan kerja samanya dengan semua pihak, untuk sama-sama menjaga ekosistem laut yang ada di Pantai Lakeba.
“Pantai lakeba merupakan daerah pariwisata, jangan asal bangun saja lihat juga dari segi pencemaran lingkungannya kedepan. Sebelum membuat atau membangun harus konsultasi dengan pemerintah setempat, agar mendapat masukan yang baik,” tutupnya. (#)