BOMBANA, BP- Sulawesi Tenggara memang dikenal dengan wisata bawah lautnya yang begitu mempesona, salah satunya seperti yang terdapat di Kabupaten Wakatobi, yang dikenal dengan pemandangan bawah lautnya yang begitu indah.

Selain Wakatobi, ternyata Kabupaten Bombana juga memiliki surga bawah lautnya sendiri, yang terletak di Pulau Tambako, Kecamatan Mataoleo. Terumbu karangnya yang masih terjaga.

Salah satu biata laut

Hal itu dibuktikan oleh Tim Conservasi Laut asal Baubau yang terdiri dari Anas Amsar, Fauzi Wowor, Haerudin, dan Nasrun Ode, dan dibantu oleh anggota BPD Desa Tambako, yang melakukan survey wisata diving ke lokasi tersebut pada 11 Maret 2019.

Anas Amsar sebagai pemimpin survey mengatakan, keindahan laut Pulau Tambako tidak terlepas dari lokasi pulau yang dikelilingi perairan yang begitu luas, apalagi ekosistem laut sekitar yang dirawat dengan baik oleh masyarakat dan pemerintah setempat.

“(saat survey) Dibantu juga oleh anggota BPD Desa Tambako, hasilnya sangat memuaskan, lokasinya sangat bagus untuk wisatawan dengan spot divingnya yang begitu banyak,” kata Anas Amsar.

Diyakininya, jika lokasi tersebut dipublikasikan, maka tidak menutup kemungkinan Pulau Tambako akan menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk Kabupaten Bombana, dan bisa dimanfaatkan sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Olehnya, Anas Amsar berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bombana, untuk terus menjaga dan merawat keindahan serta ekosistem bawah laut Pulau Tambako, agar kelak bisa dinikmati oleh masyarakat luas, khususnya para pecinta diving.

Peliput: Arianto W

Pin It on Pinterest