Azafudin SKM

Peliput: Nelvida A

BAUBAU, BP- Anjuran memakai masker dimasa pandemi covid-19 hanya sekitar empat jam setelah itu harus di ganti baik itu masker kain maupun masker bedah.

Kepala Puskesmas Lakologou Azafudin SKM saat ditemui wartawan Baubau Post ditempat, Senin (21/09) mengatakan memakai masker menjadi salah satu cara efektif mencegah penularan covid-19.

 Azafudin SKM
Azafudin SKM

Masker kain dapat dipakai maksimal hanya 4 jam dan harus ganti dengan masker baru dan bersih. Apabila masker yang dipakai basah atau lembab harus segera diganti. Sehingga disarankan membawa beberapa masker untuk beraktivitas.

” Kalau sudah empat jam harus ganti dan harus ada persiapan cadangan masker, dan apabila sudah basah harus di ganti,” jelasnya.

Masker kain yang direkomendasikan adalah masker yang memiliki 3 lapisan kain. Lapisan pertam adalah lapisan kain hidrofilik seperti katun, kemudian dilapisi oleh kain yang bisa mendukung viltrasi lebih optimal. Untuk lapisan kedua ini bisa juga menggunakan katun atau polyester.

Lapisan ketiga atau bagian masker paling luar menggunakan lapisan hidrofobik atau bersifat anti air seperti terbuat dari polypropylene.

” Tes ketebalan masker yakni nyalakan sebuah lilin kemudian tiup jika lilinnya mati maka harus di udara dapat masuk dan jika lilinnya tidak mati maka masker tersebut tebal dan bagus untuk digunakan,” terangnya.

Begitu pula untuk masker beda sama halnya dengan masker kain. Namun untuk masker bedah setelah digunakan dapat langsung dibuang. Sedangkan masker kain dapat langsung di cuci. (#)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest