• Kapus: Pelayanan Dilakukan dengan Berkunjung di Rumah

Peliput: Nelvida A — Editor: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Puskesmas Lowu-lowu yang berada di Kecamatan Lea-lea, tetap melaksanakan pelayanan kesehatan terhadap bayi dan lanjut usia (Lansia) tetapi dalam bentuk kunjungan rumah.

Hal ini dikarenakan tidak boleh mengumpulkan orang banyak. Untuk menjaga penyebaran Covid-19 yang sedang melanda.

Kepala Puskesmas Lowu-lowu Arsa SKM saat dikonfirmasi Baubau Post mengatakan untuk sementara waktu kegiatan Puskesmas yang mengumpulkan orang banyak ditunda dulu sampai berakhirnya Covid-19.

” Posyandu dan Pos Lansia untuk sementara waktu ditunda dulu, ini aturan dari Dinas Kesehatan Kota Baubau,” ungkapnya.

Mulai dari bulan April hingga Mei tidak ada sama sekali kegiatan tersebut.

Namun pihaknya tetap melakukan pelayanan dengan melakukan kunjungan rumah.

” Pelayanan tetap dilakukan tapi untuk saat ini dengan cara kunjungan rumah sehingga tidak ada sama sekali kegiatan mengumpulkan orang banyak,” jelasnya.

Puskesmas memiliki catatan hasil kesehatan dari kegiatan tersebut. Sehingga jika ada bayi yang diimunisasi akan segera dikunjungi, bukan hanya itu jika ada lansia yang perlu diperiksa kesehatan maka akan dilakukan kunjungan rumah.

” Setiap tenaga medis yang lakukan kunjungan rumah selalu memakai alat pelindung diri (APD). Walaupun tidak ada kegiatan tersebut tetapi pelayanan kami tetap berjalan,” jelasnya.

Sehingga kurangnya kunjungan pasien di Puskesmas dimasa pandemi covid-19. Karena sadar akan bahaya dari virus covid-19.

” Selama masa pandemi kunjungan pasien berkurang karena tingginya kesadaran masyarakat bahaya covid-19,” pungkas Arsa.(#)

Pin It on Pinterest