Peliput : Kasrun

KENDARI,BP – Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Arif Zulkifli menegaskan agar setiap Kabupaten Kota yang sudah mempunyai perwakilan PWI wajib membentuk Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) di daerahnya masing-masing.

Arif Zulkifli berjanji setelah kembali ke Jakarta akan menyampaikan kepada ketua PWI pusat agar menyampaikan kepada para pengurus cabang PWI yang ada di Indonesia agar membentuk Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia.

“Saya berjanji saat balik ke Jakarta akan menyampaikan hal ini kepada Ketua PWI Pusat,”ujar Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Arif Zulkifli yang mewakili Ketua Umum PWI Pusat saat Mukernas IKWI di Same Hotel Kendari Selasa (08/02/2022).

Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Arif Zulkifli saat berfoto dengan Para penggurus IKWI

Dia menyayangkan saat Mukernas IKWI di HPN 2022 di Kendari hanya di hadiri 19 perwakilan Provinsi di Indonesia padahal sedianya harus diikuti seluruh pengurus di Indonesia.

Dia juga mengatakan seharusnya Ketua umum PWI Pusat yang menghadiri langsung Mukernas tersebut bersama Sekretaris Jenderal PWI pusat namun tidak sempat hadir  karena begitu banyaknya Agenda Hari Pers Nasional saat ini.

Di organisasi ini yaitu Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia ada dua ajang pertemuan yang Mempererat hubungan silaturahmi secara nasional yaitu pada saat Musyawarah Nasional dan musyawarah kerja nasional.

“Pada kedua ajang ini kita bertemu dan kangen-kangenan satu sama lain dengan teman sahabat dan handai taulan seluruh Indonesia bisa saling menyayangi dan bertukar pengalaman dalam mengelola organisasi,”katanya.

Mukernas untuk mengevaluasi program kerja dan membuat program kerja baru untuk tahun-tahun mendatang pada Tahun 2022 ini, dengan tema mendorong semangat berorgansasi yang berkualitas diharapkan diantara pengurus memperlihatkan sikap saling kerjasama yang baik.

“Banyak pengurus tapi tidak memperlihatkan kinerja yang baik Terkadang ada di antara anggota pengurus sadar atau tidak membuat kelompok-kelompok kecil yang biasanya justru hal ini yang dapat menghambat program kerja dan merusak hubungan silaturahmi sesama anggota,”katanya.

Jikalau semua pengurus Indonesia dapat membantu dan mendukung penuh kepengurusan ini di daerahnya masing-masing, kompak dalam kinerja, saling berbagi informasi positif untuk kemajuan dan kemapanan organisasi.

“Organisasi beda dengan perusahaan, IKWI tidak boleh memutuskan sesuatu dengan sepihak atau asas sendiri harus diputuskan dalam rapat pengurus,”tegasnya.

Dia juga menegaskan harus diingat organisasi yang merupakan satu kesatuan berjalan beriringan kalau di organisasi PWI untuk menghimpun kalangan wartawan sedangkan IKWI adalah organisasi keluarga wartawan.

Ketua IKWI Indah Kirana mengatakan mukernas mempunyai arti penting untuk konsolidasi pengurus dan alhamdulillah penyelenggaaraan organisasi IKWI berjalan dengan baik.

Sesuai tema Mendorong semangat beroganisasi yang berkualitas, maka diharapkannya organisasi IKWI di daerah aktif dengan dukungnya PWI Provinsi.

“Kami berharap dengan adanya mukernas ini maka IKWI provinsi  akan menjalanakan organisasinya,dari mukernas ini kita akan mencontoh IKWI di provinsi lain,”harapnya.

Dia juga menambahkan sejak mendapat amanah pada akhir tahun 2019, IKWI Pusat terus melakukan pembenahan kinerja dan tata kelola organisasi di Indonesia, oleh karena itu pada berbagai kesempatan kami tidak henti-hentinya menyampaikan prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik dengan harapan dapat menjadi landasan perbaikan secara berkesinambungan tentunya akan menetapkan program kerja ke depan yang sudah dijalankan selama 3 tahun ini

baca juga: Pemkot Baubau Sajikan Berbagai Hasil UMKM Pada Pameran HPN 2022

“Tidak kalah pentingnya pada hari ini kita juga akan dapat mempererat tali silaturahmi antara pengurus pusat Dengan pengurus provinsi kabupaten kota insya Allah kita akan menetapkan nama-nama anggota tim sembilan penyempurnaan PD PRT itu selalu dilakukan untuk menyongsong kepengurusan baru periode mendatang,”tandasnya.(*)