Pewarta: Rahman

BUTON, BP-Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, MSi memimpin Rapat Koordinasi Pemantapan Persiapan menyambut kedatangan kontingen 16 kabupaten/kota yang akan mengikuti Porprov Sultra 2022.

Pj. Bupati didampingi langsung Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin, SPd, MSi, Kadis Pemuda Olahraga, La Ode Abdul Zainuddin Napa, SE, Kabag Ops Polres Buton, AKP Sumarso, SSos. Ketua KONI Kabupaten Buton, LM Syamsir Siri Ikrami, ST yang digelar di Aula Kantor Bupati Buton, Takawa, Senin, 14 November 2022.

Turut hadir para Kepala OPD Lingkup Pemkab Buton, Kasat lantas Polres Buton, Iptu, Suherman, SH, MH, dan Para Camat se-Kabupaten Buton.
Buton merupakan tuan rumah bersama Kota Baubau dalam perhelatan event olahraga paling bergengsi di jazirah Tengara Sulawesi.

Buton akan menggelar opening ceremony dan 21 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Bumi Penghasil Aspal tersebut, sedangkan kota Baubau akan menggelar penutupan dan beberapa Cabor olahraga lainnya.

“Event ini akan sukses tergantung dari pembukaannya dimana yang akan menggelar itu adalah Kabupaten Buton yang akan dipusatklan di Alun-alun Takawa, Pasarwjo. Selain itu persiapan kita harus matang dalam melayani kontingen selama mereka berada dan bertanding di Pasarwajo. Dari kedatangan hingga mereka menginap di Pasarwajo. Semua LO kontingen harus mengecek segala persiapatan yang dibutuhkan kontingen utamanya persedian air bersih, toilet dan hal-hal lainnya,” kata Pj. Bupati Buton.

Bukan hanya itu, Kepala BPKAD Provinsi Sultra ini menegaskan para LO juga harus menyiapkan penyambutan. “Ini menyangkut harga diri Kabupaten Buton. Pembukaan harus sukses, kita juga harus menjadi tuan rumah yang baik bagi kontingen,” lanjutnya.

Pj. Bupati juga meminta pihak Kesehatan untuk memaksimalkan pelayanan baik di tempat pembukaan maupun ketika event ini digelar. “Pak Kadis untuk membuat surat edaran, meminta semua apotik di Pasarwajo kiranya dapat membuka pelayanan sampai jam 12 malam,” katanya.

Pj. Bupati Buton juga akan melibatkan UKM di Kabupaten Buton dalam perhelatan Porprov nanti. Mereka bisa menjual cindera mata kerajinan rakyat dan kuliner untuk para tamu.

“Kiranya ini dapat dikoordinir dengan baik oleh Dinas Koperasi dan Dinas Perindustrian,” harap Pj. Bupati Basiran.

“Semua aspek harus diperhatikan. Tidak boleh kita lengah. Penerangan lampu jalan harus menyala, Rekayasa lalu lintas, tempat pemondokan kontingen harus disiapkan sejak dini,” katanya.

Dan yang tak kalah pentingnya tegas Pj. Bupati adalah kedatangan tamu undangan seperti, Pak Gubernur, Forkopimda Provinsi, Pak Bupati dan Forkopimda kabupaten/kota dan ketua-ketua rombongan harus disambut dengan baik. Mereka akan disambut di Rujab Bupati dengan tarian penyambutan dan Pengalungan sarung dan pemakaian kampurui,” katanya.

baca juga: Gubernur Sultra Ali Mazi Prediksi ITK Buton Bakal Jadi Institut Terbesar di Indonesia Timur

Pj. Bupati pada kesempatan itu mengecek kesiapan dan kendala masing-masing bidang. Mantan Kepala Badan Kesbangpol Kalimantan Utara ini menegaskan semua pihak harus berkalaborasi untuk menyukseskan penyelenggaraan event Porprov Sultra 2022.(*)