BAUBAU, BP- Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menggelar wisata berbasis budaya yakni Ziarah Nusantara sebagai salah satu rangkaian kegiatan Festival Keraton Masyarakat Adat (FKMA) Asean ke VI, Kamis (21/11).

Wakil Walikota Baubau Ahmad Monianse beserta jajarannya serta masyarakat berziarah ke makan Raja Gowa Karaeng Tuni Balusu, kemudian berlanjut Ziarah ke makam sapati Baluwu, dan Anjangsana ke gua Arung Palakka, dengan berjalan kaki.

” Berziarah ke makan Raja Gowa karaeng Tuni Balusu, kemudian berlanjut Ziarah makam sapati Baluwu, Anjangsana Arung Palaka,” kata Monianse.

Selanjutnya ditutup dengan dialog budaya di Gazebo Baluwu. Pada dialog tersebut menjadi moderator yakni Kadis Pariwisata Ali Arham. Terdapat empat pembicara dalam kegiatan ini yakni Wakil Walikota Baubau Ahmad Monianse, Sekda Roni Muchtar, Akademisi Andi Tendri Mahmud dan budayawan Abdul Munafi yang memberikan edukasi mengenai budaya buton.

Kegiatan ini menurut Monianse, untuk menceritakan kembali semua tahapan sejarah tersebut, karena hal ini masih kurang digali. Pasalnya tidak akan berarti apa-apa benteng keraton jika memiliki cerita, bahwa di dalamnya ada makam para raja.

“Ini semua merupakan cerita yang menarik untuk bisa menjadi daya tarik wisata utamanya wisata lokal tapi kita kurang dalam penulisan itu. Alhamdulillah pihak pemerintah kota akan membangun atas persetujuan dari Dinas pariwisata, kemarin sudah ketemu dengan deputi bidang promosi beliau akan membantu dalam bidang penulisan,” papar Monianse. (#)

Peliput: Nelvida A

Pin It on Pinterest